Visi-Misi

V I S I

Visi merupakan harapan atau keinginan yang akan dicapai oleh organisasi dalam waktu tertentu. Adapun Visi Biro Umum adalah :

”Terwujudnya Institusi Pelayanan Prima Didukung Sistem Informasi Manajemen Yang Handal”

Pernyataan tersebut diatas mengandung makna sebagai berikut :

Institusi mengandung makna bahwa Biro Umum merupakan unsur staf/lembaga Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah memiliki Tugas Pokok dan Fungsi menyelenggarakan tugas pelayanan bidang umum di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Prima Mengandung maksud bahwa setiap penyelenggaraan pelayanan yang dilaksanakan oleh Biro Umum senantiasa mengedepankan azas kesederhanaan prosedur, kemudahan, kecepatan dan ketepatan, akuntabilitas, transparansi dan selalu berorientasi kepuasan pelayanan.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang handal mempunyai makna bahwa untuk dapat mewujudkan pelayanan prima perlu dilakukan pembangunan sistem informasi manajemen di lingkungan Biro Umum dengan menggunakan teknologi informasi hingga mampu mendorong peningkatan kualitas keputusan, meningkatkan kapasitas, kecepatan dan ketepatan kerja hingga dapat mewujudkan suatu pelayanan yang prima oleh Biro Umum.

 M I S I

Misi merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Visi. Misi mencerminkan keberadaan dan tugas pokok, fungsi dari suatu organisasi. Adapun misi yang dicanangkan untuk mewujudkan Visi adalah sebagai berikut :

  1. MENGEMBANGKAN MANAJEMEN DAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN.
  2. MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA APARATUR.
  3. MENGEMBANGKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ORGANISASI.
  4. MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS SARANA DAN PRASARANA

 TUJUAN :

Guna mewujudkan Misi tersebut, terdapat Tujuan yang akan dicapai oleh Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, yaitu :

1.

 

Mengembangkan dan Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Biro Umum

 

mengandung makna bahwa untuk mencapai Pelayanan Prima, akan dilakukan berbagai penyempurnaan proses manajemen pelayanan di lingkungan Biro Umum. Penyempurnaan meliputi penerapan berbagai peraturan atau konsep-konsep manajemen pemerintahan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan prima oleh Biro Umum. Hal tersebut antara lain penyusunan standar pelayanan, penyempurnaan ketatalaksanaan, perbaikan administrasi umum. Adanya peningkatan kualitas manajemen pelayanan, diharapkan akan mendorong terwujudnya pelayanan prima kepada satuan kerja di lingkungan Sekretariat Daerah.

2.

 

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur

 

mengandung makna bahwa Biro Umum akan mendorong peningkatan kualitas SDM agar dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi yang ada juga mengikuti dinamika tuntutan masyarakat yang berkembang. Peningkatan kemampuan dan ketrampilan serta pengetahuan aparatur akan ditingkatkan agar dapat bekerja sesuai standar kerja yang ada.

3.

 

Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen

 

mengandung makna bahwa dalam mewujudkan Pelayanan Prima oleh Biro Umum akan dilakukan melalui pemanfaatan teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang handal. Sistem Informasi Manajemen yang handal diharapkan akan diperoleh ketepatan, kelengkapan dan kecepatan kerja yang lebih baik sehingga mampu mendukung perwujudan Pelayanan Prima oleh Biro Umum.

4.

 

Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sarana Prasarana Kantor

 

mengandung makna bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki saat ini masih kurang dari segi kualitas dan kuantitas, memperhatikan kondisi tersebut maka pengadaan sarana dan prasarana baru akan dilakukan secara berdayaguna dan berhasil guna, selain itu upaya yang akan dilakukan dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana kantor yang sudah ada.