SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA  ACARA

 

KHATAMAN AL-QUR’AN BILGHOIB/BINNADHLOR DAN KHAUL ALMAGHFURLAH KH. TURMUDZI TASLIM, AH.

SEMARANG, 21 DESEMBER2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim.



Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

 

wassalatu wassalamu ‘ala ashrofil    anbiya i wal-mursalin, Sayyidina wa         habibina wa syafi’ina wa maulana         Muhammaddin,wa ‘ala alihi wa sahbihi    ajma’in amma ba’du.

 

Yang saya hormati, Rekan-Rekan Pemerintah daerah Kota Semarang;

Hadrotal Mukhtaromin KH. Agoes Ali Masyhuri;

Ustadz Khoirul Amin, S.Ag

Pengasuh Pondok Pesantren Penghafal Al-Qur’an Raudlatul Qur’an Kauman Semarang;

Para Kiai, Alim Ulama, Sesepuh Pinisepuh, Panitia, Undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia;

       Puji syukur kehadirat Allah SWT, Alhamdulillah malam ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersama-sama hadir pada acara Khataman              Al-Qur’an Bilghoib/Binnadhlor Dan Khaul Almaghfurlah Kh. Turmudzi Taslim, Ah. Tidak lupa Solawat dan salam selalu kita sanjungkan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya di hari yaumil qiyamah.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya memberikan apresiasi atas di-selenggarakannya kegiatan ini, karena selain sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, serta menjadi wahana untuk berdo’a agar kita yang masih hidup selalu diberi bimbingan, sehingga apa yang kita lakukan senantiasa bisa memberikan manfaat dan maslahat kehidupan bagi masyarakat.

Terpenting, peringatan Khaul ini adalah sebagai wujud penghormatan kepada beliau KH. Turmudzi Taslim, AH. yang berjasa dalam perjuangan dan perkembangan Agama Islam di Negeri Ini. Maka keteladanan beliau bisa dijadikan inspirasi dan sumber motivasi, terutama dalam mewujudkan sikap Islami yang rahmatan lil alamin, Islam sejati sebagaimana dituntunkan dalam Al-Quran dan Hadist Rasullulah SAW. Islam hadir untuk kebaikan bagi seluruh penghuni alam semesta. Menghargai perbedaan, mengandung nilai-nilai toleransi, gotong royong, perdamaian, keberagaman dan cinta kasih pada sesama manusia. Bukankah Rasullulah SAW selalu mengajarkan dua prinsip yang sangat penting dalam Agama Islam yaitu Hablumminallah dan Hablumminannas. Jadi selain kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah SWT, kita juga harus mampu menjaga hubungan serta berbuat baik kepada sesama manusia dan alam semesta.

Khataman Al-Qur’an ini juga merupakan upaya kita untuk lebih memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an demi terwujudnya Generasi Qur’ani. Saya berharap kita tidak hanya pandai membaca Al-Qur’an secara tekstual tapi juga harus bisa membaca Al-Quran secara kontekstual apa yang terkandung dalam nilai-nilai Al-Quran hendak-nya bisa dihayati dan diamalkan, sehingga nilai kejujuran dan disiplin bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itulah, pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada termasuk para Kyai, Alim Ulama, dan Tokoh Masyarakat untuk bersama-sama membangun Indonesia yang damai dengan terus menyebarkan nilai-nilai toleransi, kegotong-royongan, kerjasama, tenggang rasa dan saling menghargai. Mari kita bahu-membahu, bersatu padu  menyelesaikan kemiskinan, pengangguran, penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan korupsi yang masih menjadi PR Bangsa. Penyebaran berita palsu (hoax) yang berbau Sara serta berpotensi menghancurkan persatuan dan kesatuan Indonesia harus kita lawan.

Nderek titip kagem poro Kyai, Ulama, Ustad lan Pemuka Agama, agar terus berdakwah menyebarkan nilai-nilai Agama Islam dan selalu mengajak masyarakat untuk terus bergotong royong, bahu – membahudan terus berkontribusi terhadap pembangunan Jawa Tengah, khususnya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. Mekaten nggih.

Hadirin yang berbahagia;

      

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan meridhoi usaha luhur kita.      

 

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

                                                                                             GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

 

 

           H. GANJAR PRANOWO, SH., M.IP