SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

PEMBINAAN PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI BAGI PARA KEPALA SMA, SMK DAN SLB NEGERI PROVINSI JAWA TENGAH

SEMARANG, 27 DESEMBER 2019

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

 

Yang saya hormati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah;

Para Kepala Sekolah, SMA, SMK dan SLB Se-Jateng, Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah, rahmat dan ridhoNya kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan sehingga dapat bersilaturahmi dengan Bapak-Ibu Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB se-Jateng.

Mengawali sambutan ini, Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya ingin mengucapkan terima kasih atas pengabdian saudara semua menjaga, mendidik, dan menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak kita yang tengah merajut masa depannnya melalui pendidikan pada SMA, SMK, dan SLB Negeri Provinsi Jawa Tengah. Hal yang baik ini di tahun-tahun yang akan datang harus ditingkatkan. Jangan pernah merasa lelah, terus berinovasi memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita, jadilah inspirasi dan panutan bagi anak-anak serta bimbinglah mereka untuk menggapai cita-citanya.

Tahun 2019 akan segera berakhir dalam hitungan hari, mari kita melakukan refleksi, apa yang sudah kita lakukan, apa yang sudah kita berikan sebagai pengabdian pada dunia pendidikan. Jadikan hasil refleksi untuk menjadi semangat dan motivasi agar semakin baik.

Bapak-Ibu, Kebijakan nasional segera memasuki era baru, satu tatanan pengelolaan pendidikan bukan lagi pada sebuah kebiasaan, namun sebuah paradigma yang harus kita sikapi sebagai upaya memperkokoh proses pembelajaran untuk menghasilkan output pendidikan yang sesuai dengan perubahan zaman.

Pertanyaan saya, apa yang sudah Saudara pikirkan untuk menjawab tantangan baru tersebut, apa yang sudah Saudara rencanakan untuk memberikan kontribusi terbaik dan mampu memberikan kebanggaan bagi kita semua agar Jawa Tengah selalu menjadi yang terdepan dalam mewujudkan perubahan dan menjadi pionir dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan??? Tolong renungkan dan segera susun rencana program pendidikan yang terbaik bagi anak-anak kita.

Seperti kita ketahui bersama, tanggungjawab pengelolaan SMA, SMK, dan SLB telah kita laksanakan sejak tahun 2017, dan selama perjalanan itu banyak dinamika yang harus kita ambil hikmahnya. Selama perjalanan itu pula Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus melakukan berbagai upaya untuk menjamin terselenggaranya layanan pendidikan yang merata dan berkualitas demi mencetak SDM unggul dan berdaya saing dalam rangka memajukan daerah, bangsa dan negara.

Pada tahun 2019, pembiayaan pendidikan telah menetapkan seminimal mungkin beban pembiayaan yang yang harus dipungut dari siswa, namun di lapangan terjadi dinamika yang tampaknya kurang mendapatkan respon yang baik dari para Kepala Sekolah. Banyak aduan yang saya terima melalui medsos, yang menunjukkan kurang taatnya kepala sekolah terhadap kebijakan yang telah ditetapkan, kondisi ini berpotensi membuat gaduh suasana yang tentunya akan mengganggu iklim sejuk pembelajaran. Didapati masih adanya pungutan SPP yang melebihi batas ketentuan yang ditetapkan, dan penggalangan dana SPI juga belum diselenggarakan secara transparan.

Tahun 2020 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menetapkan kebijakan SPP Gratis dengan dukungan pembiayaan operasional penyelenggaraan pendidikan sepenuhnya dari APBD. Dengan adanya kebijakan ini maka tidak ada alasan lagi bagi sekolah untuk melakukan pungutan, dan alokasi anggaran SPP yang diwujudkan dalam BOP Pendidikan dimaksud harus mampu dikelola secara transparan dan akuntabel. Melalui kebijakan ini jangan sampai ada anak putus sekolah karena faktor biaya.

Saya titipkan pengelolaan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan untuk dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya. Tingkatkan prestasi dan berikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Saya berharap, dengan adanya BOP Pendidikan yang telah disediakan oleh APBD ini, maka jangan ada lagi gaduh tentang pembiayaan pendidikan di sekolah. Jika ada beban dan permasalahan terkait pembiyaan operasional sekolah tolong untuk dapat diselesaikan dengan elegan dan laporkan secara berjenjang.

Saat ini sedang memasuki musim penghujan, tolong masing-masing satuan pendidikan memetakan kerawanan yang dimungkinkan timbul, dan yakinkan bahwa semua fasilitas di sekolah aman bagi semua warga sekolah. Manakala terjadi sebuah benca segera ambil tindakan yang diperlukan dan koordinasikan dengan berbagai pihak.

Mari kita laksanakan pendidikan di Jawa Tengah sebagai layanan pendidikan yang menyenangkan, yang menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dengan semangat kegotong royongan yang tinggi. Jangan ada kekerasan verbal maupun spikologis, jangan ada bulying (perundungan), dan jangan ada yang bermain-main dengan tata kelola keuangan yang akan mengakibatkan kerugian bagi jabatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Terakhir saya juga ingin menegaskan bahwa adanya GTT/PTT harus murni karena kebutuhan mendapat persetujuan Dinas, dan harus dihindari berbagai kepentingan yang justru akan menyandera Kepala Sekolah. Kepala Sekolah bertanggung jawab terhadap penegakan disiplin seluruh warga sekolah, Kepala Sekolah  harus mampu menjadi teladan, terkait kehadiran, jangan ada presensi palsu. Ini juga berlaku bagi GTT dan PTT.

Perlu diingat, sebagai ASN, kita adalah pelayan bukan justru minta dilayani sebagai raja kecil. Jauhkan/hindari praktek-praktek diskriminisasi terhadap siapapun. ASN telah memperoleh tunjangan kinerja (TPP), jangan lagi bekerja dengan orientasi obah opah. Tugas Kepala Sekolah adalah menyelesaikan masalah dalam lingkup tanggungjawabnya, bukan justru melempar masalah kepada pihak lain. Cermati data, tanggungjawab itu melekat dan orientasi pada akurasi data untuk wujudkan akuntabilitas. Seorang Kepala Sekolah adalah manajer, jangan sering pergi untuk urusan yang seharusnya bisa didelegasikan. Sekolah adalah lingkungan sosial intelektual, tunjukkan bukti nyata bahwa sekolah taat norma hukum, norma sosial.

Bapak-Ibu yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Selamat melaksanakan tugas dengan penuh ikhlas, dan mari bersama-sama bergerak menyambut era baru penyelenggaraan pendidikan sengan lebih semangat demi terciptanya generasi emas Indonesia.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP