SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

PEMBUKAAN PASAR SENI LUKIS NASIONAL

“LINTAS BATAS”

BREBES, 21 DESEMBER 2019

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati, Bupati dan Unsur Forkopimda Kabupaten Brebes atau yang mewakili;

Pengelola Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes;

Perupa Seni Lukis, Undangan dan hadirin yang berbahagia;

       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah, rahmat dan ridhoNya kita masih diberikan nikmat sehat dan nikmat kesempatan sehingga dapat menghadiri acara Pasar Seni Lukis Nasional, mengangkat tema “Lintas Batas”.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, yang merupakan bagian dari wujud eksistensi kreatifitas serta sebuah pencapaian prestasi yang tinggi oleh pelukis, event ini juga menjadi hiburan masyarakat. Lebih dari itu, pameran ini juga bisa menjadi proses pembelajaran seni rupa bagi masyarakat maupun para pelukis yunior. Tidak hanya itu, perhelatan ini juga menjadi media mengenalkan Jawa Tengah di kancah kesenirupaan Indonesia.    

        Hadirin yang berbahagia;

Seperti kita tahu bersama, lukisan adalah sebuah karya seni yang indah dan memiliki kadar nilai seni yang tinggi. Secara sederhana lukisan bisa memperindah sebuah ruangan, bangunan dan memberikan nuansa suasana yang berbeda serta indah tentunya. Setiap goresan, gradasi warna mempunyai arti, makna dan nilai seninya sendiri sesuai dengan karakter dan pesan yang ingin disampaikan oleh sang pelukis. Untuk para seniman pelukis, semakin sering dia melukis, maka pikirannya akan terus terstimulus dan terinspirasi dengan hal-hal yang baru untuk menjadi bahan lukisnya. Dari setiap komponen alam atau imajinasinya, pelukis akan menggunakan kreativitas untuk menyempurnakan semua hasil karyanya.

Sedangkan bagi seniman atau penikmat seni, lukisan bisa memancing daya kreativitas seseorang hanya dengan melihatnya. Para penikmat seni akan terpengaruh dengan daya imajinasi pelukis yang juga akan terpatri perlahan dalam ingatannya. Semakin hari penikmat seni akan menyukai hal-hal yang lebih eksentrik dan inovatif. Hal ini mempengaruhi cara mereka bekerja, berperilaku, atau memikirkan gagasan dalam memutuskan sesuatu. Bahkan ada beberapa orang yang percaya lukisan bisa memberikan keberuntungan dan meningkatkan jiwa spiritual. Lebih dari itu, lukisan juga tidak hanya digunakan sebagai sarana keindahan atau estetika saja melainkan juga untuk keperluan edukasi. Hal ini tentu sangat positif sekali.

Maka saya berharap pameran lukisan seperti ini harus secara periodik di gelar di Jawa Tengah. Semoga event ini dapat memantik inovasi seniman lukis di Jawa Tengah untuk semakin semangat menghasilkan karya-karya serta mampu menggelar pameran serupa.     

Selain itu, harapan selanjutnya supaya Jawa Tengah mampu menjadi tuan rumah event Pameran seni rupa yang bertaraf Internasional. Melalui seni lukis ini, mari kita kenalkan keindahan, keramahan, kemajuan dan estetika Jawa Tengah. Lebih jauh, lewat lukisan kita dapat merawat dan menebarkan nilai nasionalisme, persatuan, kebhinneka tungga ikaan, demokrasi maupun semangat anti korupsi.

Saya minta event ini untuk diviralkan, gaungya harus lebih terdengar. Dengan begitu akan banyak, penggemar seni dan wisatawan yang banyak berkunjung ke Jawa Tengah, dampaknya tentu saja sangat positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Saya juga ingin even-even seperti ini bisa secara reguler diselenggarakan dengan skala yang lebih besar lagi. Kepada Komunitas Pelukis Jateng, saya minta untuk terus berkomunikasi dengan pemerintah, mari kita majukan seni dan budaya Jawa Tengah.

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Selanjutnya dengan mengucap Bismillaahirrohmaanirrohiim”, Pasar Seni Lukis Nasional yang, mengangkat tema Lintas Batas, secara resmi saya buka dan mulai. Semoga event ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Sekian dan terima kasih atas kebersamaan kita.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

  GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

 

     H. GANJAR PRANOWO, SH., M.IP