SAMBUTAN

WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA  

HAUL ALMAGHFURLAH SIMBAH KH. ZAWAWI YUSUF

PONDOK PESANTREN ASSUNIYYAH ASSALAFIYYAH

REMBANG, 28 DESEMBER 2019

 Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

 

Yang saya hormati, Pengasuh Pondok Pesantren Assuniyyah Assalafiyyah;

Yang saya hormati, KH. Idror Maimoen beserta KH. Ahmad Anawi;

Para Kiai, Ustad, Alim Ulama, Panitia, Undangan, Santri dan Santriwati;

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sholawat serta salam kita panjatkan kehadirat Nabi Agung Muhammad SAW sehingga dapat bersama-sama hadir dalam acara Haul Al Maghfurlah Simbah KH. Zawawi Yusuf Ke-47, Waru, Sidorejo, Sedan, Rembang.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini. Selain meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, kegiatan ini juga menjadi wahana untuk berdo’a agar kita yang masih hidup selalu diberi bimbingan, sehingga apa yang kita lakukan senantiasa bisa memberikan manfaat dan maslahat kehidupan bagi masyarakat.

Terpenting, acara Haul ini merupakan wujud penghormatan Simbah KH. Zawawi Yusuf atas jasa-jasanya dalam perjuangan dan perkembangan Agama Islam. Maka keteladanan beliau semua saya harapkan bisa dijadikan inspirasi dan sumber motivasi, terutama dalam memanifestasikan sikap Islami yang rahmatan lil alamin. Jika kita resapi, apabila manusia meninggal akan terputus segala amalnya kecuali 3 perkara yakni shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang soleh-solehah. Alangkah bermanfaatnya khaul ini jika kita hubungkan dengan kondisi kita saat ini.

Saya melihat khaul ini memiliki tujuan yang baik yaitu mengenang jasa perjuangan dan dakwah Simbah KH. Zawawi Yusuf, mempertemukan ulama dengan santri serta simpatisan dan dakwah Beliau dalam ikatan tali silaturahmi. Kita harus selalu mengenang jasa para Syuhada dan menggali semangatnya untuk di aplikasikan ke dalam kehidupan kita.

Pondok pesantren juga tidak kalah penting dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Di era otonomi pendidikan sekarang ini, menghendaki Ponpes memaksimalkan perannya dalam bidang pendidikan, keagamaan, dan sosial untuk dapat ditingkatkan peran dan partisipasinya dalam rangka pemberdayaan masyarakat, apalagi di tengah ujian permasalahan bangsa, seperti intoleransi, radikalisme dan terorisme. Islam itu menjunjung tinggi per-bedaan, mengandung nilai-nilai toleransi, gotong-royong, perdamaian, keberagaman dan cinta kasih pada sesama manusia harus menjadi kompas penunjuk arah bagi setiap gerak langkah umat. Tak ada salahnya kita bermujahadah, berdoa di sini mohon keselamatan dan kedamaian negeri ini dan mempraktikkan Al Quran dalam keseharian. Dan jadikan pengajian hari ini menjadi suatu kegiatan positif baik itu yang bersifat Hablumminallah maupun Hablumminannas.

Maka, saya ingin mengajak umat islam dan khususnya masyarakat Jawa Tengah untuk semuanya berbicara baik, untuk selalu berfikir positif, dan memperkuat ukhuwah wathaniyah kita. Dan gunakan kesempatan yang baik ini sebagai media berkumpul, bersilaturahmi dan bersatunya umat Islam untuk kemajuan pembangunan bangsa. Demi Indonesia yang aman, damai dan sejahtera.

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT, selalu meridhoi, melindungi dan memudahkan usaha luhur kita untuk membangun Jawa Tengah. Sekian terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

 

WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

                                                                                                                                                                                                           H. TAJ YASIN