PENDAPAT AKHIR

GUBERNUR JAWA TENGAH

DALAM RANGKA

PERSETUJUAN PENETAPAN

RANCANGAN PERATURAN DAERAH (RAPERDA) PROVINSI JAWA TENGAH

TENTANG

                                                                                                       1.  PENYELENGGARAAN PERHUBUNGAN;

                                                                                                       2.  PENDIRIAN PERUSAHAAN PERSEROAN DA-ERAH PT. SARANA MIGAS JAWA TENGAH;

MENJADI PERATURAN DAERAH (PERDA)

Semarang, 30 Desember 2019

 

        Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

        Salam sejahtera untuk kita semua

        Dan saya ucapkan selamat pagi.      

Yth.  Saudara Ketua, Wakil Ketua dan Para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah.

       Rekan-rekan Jajaran Eksekutif, serta hadirin sekalian yang  berbahagia.

 

Segala puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga hari ini kita dapat dipertemukan kembali pada Rapat Paripurna Lan-jutan dalam rangka Penetapan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah tentang Persetujuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Jawa Tengah tentang:

1.    Penyelenggaraan Perhubungan;

2.    Pendirian Perusahaan Perseroan Daerah PT. Sarana Migas Jawa Tengah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini per-kenankanlah saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya ke-pada Pimpinan Dewan yang terhormat dan khusus-nya 2 (dua) Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Jawa Tengah karena Anggota Dewan telah menyele-saikan pembahasan terhadap 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tersebut.

 

        Rapat Dewan Yang Terhormat

Bersama ini, ijinkan kami menyampaikan pen-dapat akhir dalam rangka persetujuan penetapan 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Jawa Tengah dimaksud menjadi Peraturan Daerah (Perda), sebagai berikut:

1.    Raperda tentang Penyelenggaraan Perhu-bungan.

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu simpul transportasi nasional yang memiliki peran penting dalam mewujudkan keamanan, kesela-matan, ketertiban, dan kelancaran pergerakan orang dan barang serta mendukung pertum-buhan ekonomi dan pengembangan wilayah untuk mencapai tujuan kesejahteraan rakyat.

Dengan ditetapkannya Undang-Undang No-mor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Dae-rah (Pemda), salah satu urusan Pemerintahan wajib yang menjadi wewenang Pemerintah Pro-vinsi adalah bidang perhubungan dan untuk melaksanakan otonomi daerah serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bi-dang perhubungan, maka Pemerintah Provinsi Jawa Tengah perlu mengatur lebih lanjut dalam bentuk peraturan daerah baru dan mengganti Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 8 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perhu-bungan di Provinsi Jawa Tengah yang sudah ti-dak sesuai lagi dengan perkembangan peraturan perundang-undangan di bidang perhubungan dan perkembangan kebutuhan di masyarakat.

Dengan ditetapkannya Raperda ini menjadi Perda diharapkan:

a.     Tercapai pelayanan perhubungan yang aman, selamat, tertib, lancar, dan terpadu untuk memperlancar arus perpindahan orang dan/ atau barang, menjangkau seluruh pelosok wilayah daerah;  

b.    Mendorong peningkatan perekonomian dae-rah serta memajukan kesejahteraan masya-rakat;

c.     Mewujudkan  etika  dan  berbudaya   kesela-matan  dalam penyelenggaraan perhubungan; dan

d.    Mewujudkan penegakan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam penyeleng-garaan perhubungan.

 

          Anggota Dewan Yang Terhormat

2.    Raperda tentang Pendirian Perusahaan  Perseroan Daerah PT. Sarana Migas Jawa Tengah.

Saat ini kondisi pengusahaan minyak dan gas bumi di Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan oleh beberapa perusahaan daerah. Hal ini me-nimbulkan investasi biaya tinggi, sehingga bisnis tidak dapat berjalan efektif dan efisien.

Dalam rangka efektifitas pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang usaha minyak dan gas bumi di Provinsi Jawa Tengah, perlu dilaksanakan restrukturisasi BUMD yang bergerak dibidang minyak dan gas bumi, energi, mineral, dan jasa penunjang dalam bentuk pendirian sebuah perusahaan berbentuk perseroan daerah yang berbentuk perusahaan induk.

Dinamika yang terjadi dalam pembahasan oleh panitia khusus dan eksekutif menyiratkan optimisme yang tinggi dan semangat yang positif dalam terbentuknya Perseroan Daerah (Persero-da) yang baru khususnya terkait dengan nama, yaitu PT. Jateng Petro Energi dan beberapa pengayaan materi lainnya.

Dengan terbentuknya Perseroda ini nantinya diharapkan akan segera memberikan manfaat bagi pertumbuhan perekonomian daerah; segera melaksanakan penyatuan dan sinergi seluruh kegiatan pengelolaan dan pengusahaan minyak dan gas bumi dari hulu dan hilir, energi, mineral dan jasa penunjangnya di daerah; memperoleh laba dan/atau keuntungan; serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang pada akhir-nya dapat meningkatkan kesejahteraan masya-rakat.

 

        Rapat Dewan Yang Terhormat

 

Demikian hal-hal yang perlu saya sampaikan dalam rangka Penetapan Raperda menjadi Perda tersebut dan atas perhatian Dewan Yang Terhormat, saya sampaikan terima kasih.

 

       Semoga Tuhan yang Maha Esa selalu me-nyertai usaha-usaha kita untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah.

 

       Sekian dan terima kasih

        Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb

 

 

                        GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

                        H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP