SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

PEMBUKAAN MUSYAWARAH PIMPINAN WILAYAH (MUSYPIMWIL) II ‘AISYIYAH  JAWA TENGAH TAHUN 2020

KAB. MAGELANG, 04 JANUARI 2020

 

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yang saya hormati, Bupati beserta unsur Forkopimda Kabupaten Magelang atau yang mewakili;

Pimpinan Pusat 'Aisyiyah;

Ketua Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Jawa Tengah;

Panitia, Undangan, hadirin dan seluruh Peserta Musypimwil;

Hadirin yang berbahagia;

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Alhamdu-lillah pagi ini kita dapat bersama-sama hadir di Kampus II Universitas Muhammadiyah Magelang untuk bersilaturahmi menyertai Musyawarah Pimpinan Wilayah (MUSYPIMWIL) II ‘AISYIYAH Jawa Tengah Tahun 2020”. Tak lupa Sholawat dan salam selalu kita panjatkan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW yang selalu kita nanti syafaatnya di hari yaumil qiyamah.

Atas nama Pemerintah dan masyarakat Jawa Tengah, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terlaksananya Musyawarah Pimpinan Wilayah (MUSYPIMWIL) II ’AISYIYAH  Jawa Tengah Tahun 2020 yang sangat positif ini, sebagai forum untuk menyamakan persepsi, visi dan misi organisasi dalam rangka untuk memajukan organisasi, meningkatkan peran fungsi dan kemandirian organisasi, sehingga dapat terus berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar segala sesuatunya berjalan tertib dan lancar, sesuai agenda yang telah ditetapkan oleh panitia.

Hadirin yang berbahagia;

Transformasi informasi secara global yang terjadi menyebabkan ruang di seluruh dunia terasa sempit dan tidak ada batasnya. Globalisasi mendorong manusia untuk menyesuaikan perubahan secara cepat setiap saat. Perubahan-perubahan yang terjadi membuat peradaban manusia lebih maju. Kemajuan ini terbukti dengan munculnya era industri 4.0. Derasnya arus Globalisasi menimbulkan berbagai dampak positif maupun yang negatif.

Umat Islam dalam menghadapi globalisasi ini merupakan tantangan sekaligus sebagai peluang untuk dapat dengan cerdas dan terampil memanfaatkan untuk jihad positif sesuai dengan aspek-aspek ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Seluruh umat Islam perlu memperkokoh fondasi terutama aqidah, syar’iah, amaliah, dan akhlaqul karimah. Ideologi yang kokoh, benar, mampu mengendalikan diri dan menyeleksi pengaruh arus globalisasi sehingga mampu menyelamatkan dan dimanfaatkan sebagai sarana dakwah dan pengembangan Islam yang cinta damai dan toleransi.

       Terkait penyelenggaraan Musypimwil sebagai agenda permusyawaratan yang tepat untuk melakukan evaluasi organisasi dalam satu periode, serta merumuskan arah kebijakan gerakan ’Aisyiyah Jawa Tengah dalam satu periode ke depan, saya minta forum ini dapat didayagunakan seoptimal mungkin agar dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat dijadikan sebagai landasan operasional bagi pengurus dalam mengembangkan organisasi perempuan keagamaan. Selain itu, pilih figur pengurus yang pinter, bener, pener lan kober dalam pengembangan Perempuan Muham-madiyah Jawa Tengah.

Yang lebih penting lagi dengan adanya Musypimwil ini, harus dapat mengambil peran dalam mendukung Pembangunan Jawa Tengah dan Pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi secara berkelanjutan, menuju masyarakat Jawa Tengah yang semakin sejahtera, mandiri, berkemampuan dan berdaya saing tinggi”.

Saya mengajak semua yang hadir, mari kita gelorakan dan rawat toleransi. Jangan sampai terulang dan tumbuh kelompok radikalisme, terorisme dan intoleransi yang dibidani kaum perempuan, apalagi menjadi bomber. Saya ingin ‘Aisyiyah mampu menjadi pioneer mencegah perempuan dalam pusaran radikalisme. Saya harapkan ‘Aisyiyah menjadi role model edukasi sekaligus mensyiarkan nilai islam secara santun dan humanis selalu menghargai, menghormati keragaman dan keberagamaan dalam framing islam berkemajuan.

Islam berkemajuan, sekurangnya memiliki tiga karakter, yaitu  

§   Islam yang membebaskan, memberdayakan, dan memajukan kehidupan dari segala bentuk keterbelakangan, ketertindasan, kejumudan, dan ketidakadilan.

§   Islam yang melahirkan nilai utama yang melindungi kemajemukan suku bangsa, ras, golongan, dan kebudayaan umat manusia di muka bumi.

§   Islam Berkemajuan adalah usaha untuk mewujudkan Islam dalam kehidupan yang tranformatif dan inklusi.

Selain itu, untuk menghadirkan kehidupan yang damai,  saya harap ‘Aisyiyah pada tingkat akar rumput supaya bisa mengambil lebih banyak peran untuk terwujudnya masyarakat yang damai rukun bersama. Karena sebagai bangsa, kita memiliki bekal kultur yang luar biasa dalam harmoniasasi untuk mengarakan masyarakat kearah berkemajuan.

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan paa kesempatan ini. Selanjutnya dengan mengucap “Bismillahirrohmaanirrohim”, Musyawarah Pimpinan Wilayah (MUSYPIMWIL) II ‘AISYIYAH Jawa Tengah Tahun 2020 secara resmi saya BUKA dan DIMULAI.

”SELAMAT BERMUSYAWARAH” Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi usaha luhur kita semua dalam membangun negeri ini dan Jawa Tengan. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

                                                                                                                                                        GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

                                                                                                                                                        H. GANJAR PRANOWO, SH., M.IP