SAMBUTAN

SEKRETARIS DAERAH PROVINSI

JAWA TENGAH

PADA

PEMBUKAAN

 “PASAR TIBAN-DISKOP UKM BERBAGI”

SEMARANG, 13 DESEMBER 2019

 

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati, Jajaran Birokrasi Pemerintah Daerah;

Para Peserta Pameran;

 

Tamu Undangan dan hadirin yang berbahagia;

Puji syukur Alhamdulillah, kita dipertemukan dalam keadaan sehat walafiat dan diberi kesempatan untuk hadir menyertai Pembukaan Pasar Tiban-Diskop UKM Berbagi.

Saya sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah yang secara terus menerus dan konsisten melaksanakan kegiatan untuk mengangkat potensi UKM kuliner Jawa Tengah dengan berbagai kegiatan yang bervariasi dan menarik. Apalagi pada kesempatan ini juga ada semangat berbagi melalui pemberian 1200 porsi makanan kepada masyarakat umum dan 110 mainan/snack tempo dulu untuk anak-anak secara gratis. 

Kuliner tradisional merupakan salah satu aset sumber daya lokal yang patut kita pertahankan sebagai salah satu daya tarik wisata kuliner bagi suatu daerah. Kondisi yang terjadi saat ini, kuliner tradisional sedikit demi sedikit mulai jarang kita temui baik di restoran, food court/pujasera maupun tempat makan lainnya sehingga keberadaannya kurang dikenal masya-rakat terutama generasi muda.

Oleh karena itu, saya berharap event ini dapat menjadi sarana untuk melestarikan dan mengenalkan kuliner tradisional sebagai kearifan lokal kepada anak-anak kita generasi muda sehingga mampu bersanding dengan makanan modern. Event ini juga merupakan bagian dari upaya mengangangkat potensi kuliner tradisional Jawa Tengah agar ke depan bisa menjadi tujuan kunjungan wisata bagi masyarakat pencinta kuliner, baik dalam maupun luar negeri. Melalui event-event seperti ini juga memberikan ruang dan kesempatan bagi para pelaku UKM khusus-nya makanan tradisional untuk dapat meng-kampanyekan serta membranding produknya di pasar yang lebih luas.

Hadirin yang saya hormati;

Dalam beberapa kesempatan saya pernah temui hidangan kue tradisional yang tampilannya sangat menarik, rasanya pun ”maknyus”. Tampilan yang menarik bisa membuat penasaran sekaligus membangkitkan selera untuk ngicipi. Maka, inovasi tampilan sangat penting untuk menarik minat generasi muda agar mau mencoba makanan dan kue-kue tradisional. Kalau sudah mencoba, saya yakin akan ketagihan, karena rasa makanan-makanan tradisional kita sebenarnya sangat lezat, tidak kalah dengan kuliner yang kekinian. Yang penting, anak-anak kita ini mau mencoba dulu. Karena kalau mereka tidak mencoba, bagaimana bisa menyukainya.

Di sisi lain, kalau tampilannya menarik dan rasanya juga enak, maka nilai ekonomisnya pun meningkat. Dengan begitu, harapannya, selain nguri-uri local wisdom yang kita miliki, juga dapat dikembangkan menjadi sarana untuk menambah pendapatan keluarga.

Sejalan dengan itu, kita terus mendorong diversifikasi pangan agar masyarakat semakin paham bahwa “makan, tidak harus nasi”. Banyak alternatif pilihan bahan pangan lokal yang kandungan gizinya tidak kalah dengan nasi. Karena itu, saya minta inovasi dan kreativitas menciptakan menu pangan olahan berbahan baku lokal terus dikembangkan sehingga menambah ragam alternatif makanan khas Jawa Tengah. Komodifikasi pangan perlu terus kita lakukan.     Seiring dengan hal tersebut, saya minta kepada Kepala OPD/BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memaksimalkan pengunaan makanan tradisional dalam jamuan di setiap kegiatan baik acara seremonial ataupun rapat. 

Dengan demikian, makanan tradisional kita tetap bertahan, UKM kuliner tradisional juga berkembang baik, sehingga kesejahteraan masyarakat pun meningkat.

Hadirin yang saya hormati;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Selanjutnya dengan mengucap ”Bismillahirrohmaannirrohiim”, Pasar Tiban-Diskop UKM Berbagi, secara resmi saya BUKA dan DIMULAI.

SELAMAT BERBELANJA.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

 

Pj. SEKRETARIS DAERAH PROVINSI

JAWA TENGAH

 

 

HERRU SETIADHIE, SH, M.Si