SAMBUTAN

WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

PEMBENTUKAN KEPENGURUSAN HIMPUNAN MUTAKHORIJIN MUTAKHORIJAT (HIMMA) AL ANWAR JAWA TENGAH

SEMARANG, 14 JANUARI 2020

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum Wr.  Wb.

wassalatu wassalamu ‘ala ashrofil    anbiya i wal-mursalin, Sayyidina wa         habibina wa syafi’ina wa maulana     Muhammaddin, wa ‘ala alihi wa sahbihi       ajma’in amma ba’du.

Yang saya hormati, Sesepuh Pinisepuh, Para Kyai, Alim Ulama;

Keluarga Besar Himpunan Mutakhorijin Mutakhorijat (HIMMA) Al Anwar;

       Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Alhamdulillah kita masih dikaruniai nikmat kesehatan, kesempatan, iman, dan Islam, sehingga dapat hadir bersilaturahmi dalam Pembentukan Kepengurusan Himpunan Mutakhorijin Mutakhorijat (HIMMA) Al Anwar Jawa Tengah.

Sholawat serta salam senantiasa tercurah bagi junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang kita nantikan syafaatnya di dunia dan di yaumul qiyamah nanti.

Para Kyai, Ulama, dan hadirin yang saya hormati;

Pada kesempatan yang baik ini, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi     Jawa Tengah,  mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, merupakan wadah pemersatu antar alumni Ponpes Al Anwar Sarang Rembang dan realisasi ukhuwah islamiyah yang terus terjaga baik dengan almamater maupun lapisan masyarakat. Semoga dapat memberikan yang terbaik kepada seluruh anggota, mendengarkan saran dan kritik konstruktif demi kemajuan kita bersama, serta mampu menjadi contoh dan teladan yang baik bagi sesama kerabat, karena masing-masing dari kita adalah cermin bagi yang lain.

Inilah salah satu perwujudan bahwa Islam itu rahmatan lil alamin, yaitu Islam yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta.

Maka saya berharap, kita semua bisa mengambil hikmah positif dari kegiatan ini bagi perbaikan sikap dan perilaku kehidupan kita yang lebih baik. Inilah majelis silaturahim yang harus diuri-uri nilai spiritualnya agar dapat menjadi penyemangat, sebagai pangemut-emut sing enom untuk eling lan waspada  dengan dinamika zaman.

Selain itu, HIMMA Jateng saya minta menjadi role model bagi kaum muda, pintar mengaji, jauh dari narkoba serta tidak terlibat dalam radikalisme, terorisme dan intoleransi.

Selain itu, saya berharap organisasi iini nanti juga mampu menjadi gardha terdepan penjaga Pancasila. Yang tak kalah hebat, kawan-kawan HIMMA Al Anwar juga mesti jago dalam bisnis dan wirausaha. Artinya, tak cuma bergantung dan mengharap jadi ASN. Lebih jauh, HIMMA sekurangnya selalu memberi kontribusi mengatasi PR bangsa.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT;

Saat ini kita sungguh prihatin dengan isu-isu yang berkembang di media massa maupun media sosial, yang nyata-nyata menggerogoti budaya dan adat ketimuran bangsa kita. Mirisnya lagi, aksi-aksi kekerasan, kriminal, ujaran kebencian, berita bohong, fitnah, tawuran, dll tak sedikit menelikung dan menyekap anak-anak dan kaum muda kita sebagai pemanggul estafet kepemimpinan negeri. Hal ini semakin menegaskan bahwa pendidikan agama, pendidikan moral dan karakter sangat penting untuk menangkal budaya-budaya negatif ter-sebut.

Menyikapi fenomena ini, saya ndherek pesen dhumateng para kyai, dan semua yang hadir pada acara malam ini untuk selalu mewaspadai gerakan-gerakan yang cenderung memecah belah persatuan bangsa.

Mari kita bersatu-padu, bahu-membahu dan terus berkontribusi terhadap pembangunan bangsa. Mari bersinergi, ulama dan umaro akan menjadi satu kekuatan luar biasa di Republik ini. Inilah spirit kebersamaan yang tak boleh terhapus dalam ke-Indonesia-an kita. Mari terus kembangkan gotong royong guna memajukan pembangunan yang membawa kebermanfaatan bagi segenap masyarakat.

Demikian, yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Allah SWT, selalu memudahkan, melindungi dan meridhoi usaha luhur kita dalam upaya membangun bangsa dan menyejahterakan masyarakat.

Sekian, terima kasih atas perhatiannya.

 

Wabillahtiaufik wal hidayah

       Wassalamu `alaikum Wr.Wb.

 

                                                                            WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

                                                                H. TAJ YASIN