ATUR PANGANDIKAN

GUBERNUR JAWI TENGAH

ING ADICARA

 MUSYAWARAH WILAYAH MAJELIS LUHUR KEPERCAYAAN INDONESIA (MUSWIL MLKI) PROVINSI JAWI TENGAH KAPING-2

KAB. SEMARANG, 16 JANUARI 2020

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.

       Rahayu.

Ingkang kulo kurmati, Bupati Lan Unsur Forkopimda Kabupaten Semarang utawi ingkang mawakili;

Rencang – Rencang Jajaran Birokrasi Provinsi Jawi Tengah;

Pengurus Dewan Musyawarah Pusat Majelis Luhur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa – Indonesia (DMP MLKI) ;

Pengurus Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia Dewan Musyawarah Wilayah Provinsi Jawa Tengah;

Para Sepuh Pinisepuh, Panitia, Tokoh FKUB, Masyarakat lan Para Rawuh ingkang minulyo;

Kairing raos syukur lan gunging panuwun mawantu-wantu, sumangga kita konjukaken dhumateng ngarsanipun Gusti Ingkang Murbeng Dumadi, sampun paring kanugrahan gumelaring rasa kuwarasan lan pinten-pinten kanikmatan, sahengga kula lan panjenengan sami saged kempal manunggal hangrawuhi adicara Musyawarah Wilayah Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (Muswil MLKI) Provinsi Jawi Tengah Kaping-2. Muswil punika penting sanget kagem sarana milih Pangarsa Umum saha nyusun pangurus MLKI Provinsi Jawi Tengah. Pramila mekaten, Muswil punika sageda dipunlaksanaaken kanthi sak sae-saenipun.

Nuwun sewu dhumateng para rawuh, bilih ing ngajeng punika kula matur ngginakaken Basa Jawi, amargi yektosipun menawi dinten Kemis makaten, para kadang perangkat pamarentah lan masyarakat Jawi Tengah dipun prayogekaken ngginakaken Basa Jawi saklebetipun wawan pangandikan. Nanging, supados punapa ingkang kula aturaken saged dipun mangertosi kanthi sae, saklajengipun kula badhe matur ngginak-aken Basa Indonesia.

Hadirin yang berbahagia;

Mengawali sambutan ini, atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saya me-nyambut baik dilaksanakannya Muswil ini. Kiranya forum ini bisa menjadi ajang untuk berdiskusi dan sharing ide serta gagasan yang saudara punya dalam rangka memajukan organisasi dan membangun Jawa Tengah. Dari forum ini, saya harap akan muncul berbagai program kerja yang realistis, terukur, dan inovatif khususnya untuk membantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pemprov Jateng menjamin adanya kebebasan sipil untuk menjalankan agama dan kepercayaannya, apapun agama dan penghayat aliran kepercayaan akan mendapatkan perlakukan yang sama. Kebebasan beragama dan penghayat aliran kepercayaan merupakan salah satu tolak ukur dan indikator dari kemajuan demokrasi di Jateng.

Karena itu, kami menghimbau dan mengaharapkan agar para pemuka agama dan penghayat aliran kepercayaan untuk mengajak umatnya selalu menjaga kerukunan bersama. Saya berharap, kerukunan antar umat beragama dan penghayat aliran kepercayaan yang sudah terbangun selama ini, agar terus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya. Persaudaran antara umat beragama dan penghayat aliran kepercayaan kita yakini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan Bangsa.

Jateng itu Bhinneka Tunggal Ika, kaya budaya, suku dan agama juga kepercayaan kepada Tuhan YME. Keragaman dan keberagamaan itu mari kita rawat sebaik-baiknya, dengan senantiasa membangun kerukunan dan saling menghormati. Saya bangga dan bersyukur masyarakat Jawa Tengah penuh dengan perdamaian, sehingga bisa menjadi contoh mewujudkan Indonesia yang toleran. KIta selalu diingatkan dengan nilai falsafah leluhur, "Rukun agawe sentosa, crah agawe bubrah. Dengan kerukunan, seluruh persoalan Insya Allah akan mudah diselesaikan.

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini. Saya mengajak MLKI untuk bisa memberikan karya nyata, berkontribusi terhadap pembangunan dalam rangka mewujudkan Jawa Tengah yang sejahtera dan berdikari. Terus jalin komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah. Kemiskinan, pengangguran, narkoba, radikalisme, terorisme dan intoleransi adalah tantangan kita kini dan nanti. Saya minta MLKI bisa ambil perannya turut menyelesaikan PR besar kita bersama. Terakhir, selalu lakukan evaluasi dan inovasi.

        Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat sampaikan pada kesempatan ini. Selanjutnya, dengan memohon ridho Tuhan YME, seraya mengucap bismillah-hirrohmannirrohim, Musyawarah Wilayah Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (Muswil MLKI) Provinsi Jawa Tengah Kaping-2, secara resmi saya buka dan dimulai. Semoga Muswil ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan-keputusan yang tidak hanya bermanfaat untuk kemajuan organisasi, tetapi juga memberikan efek positif bagi pembangunan Jawa Tengah.

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

 

                                                                                                                                                                            GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

  H. GANJAR PRANOWO, SH., M.IP