SAMBUTAN  

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

DEKLARASI JANJI KINERJA TAHUN 2020 DAN PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS SERTA PERESMIAN LAW AND HUMAN RIGHTS CENTER KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA TENGAH

SEMARANG, 20 JANUARI 2020

 

Assalamu`alaikum wr.wb,

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua;

Yang saya hormati Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah;

Seluruh Staf dan Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah;

Undangan dan hadirin yang berbahagia;

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga bisa menghadiri Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 Dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Serta Peresmian Law And Human Rights Center Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Jawa Tengah.

Atas nama pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan ini. Hal ini merupakan bentuk komitmen kita semua, khususnya jajaran pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Jawa Tengah.  dalam menghadirkan pemerintahan yang baik, bersih melayani. 

Seperti kita ketahui bersama, Korupsi adalah salah satu dari sekian banyak tantangan besar yang kini sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Tidak ada jalan pintas untuk memberantasnya dan tidak ada jawaban yang mudah. Korupsi, seperti yang sudah diketahui oleh seluruh masyarakat, tidak saja mengancam lingkungan hidup, hak asasi manusia, lembaga-lembaga demokrasi dan hak-hak dasar kemerdekaan, tetapi juga menghambat pembangunan dan memperparah kemiskinan jutaan orang di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Tingginya angka korupsi di Indonesia telah menyebabkan semua sistem dan sendi kehidupan bernegara rusak karena praktik korupsi telah berlangsung secara merata dan membuat larut. Jika dibiarkan terus ber-langsung dan tanpa tindakan tegas, korupsi akan menggagalkan demokrasi dan membuat negara dalam bahaya kehancuran.

Korupsi sangat jelas telah merugikan keuangan negara. Akibatnya, keuangan negara yang seharusnya lebih banyak dipergunakan untuk kepentingan rakyat menjadi semakin berkurang. Anggaran keuangan Negara / pemerintah melalui APBN/APBD, yang dari tahun ke tahun masih sangat terbatas menjadi semakin terbatas kemampuannya saat dana itu banyak dikorupsi. Hal yang paling dirasakan oleh rakyat adalah kemampuan negara semakin terbatas dalam hal menyediakan anggaran demi kepentingan rakyat, khususnya yang dirasakan secara langsung. Antara lain, adalah  perbaikan infrastruktur, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan transportasi dan pelayanan masalah kesejahteraan rakyat yang lainnya, seperti penanganan bencana, bantuan bagi keluarga miskin dan anak terlantar, dan lain-lain.

Perlawanan terhadap korupsi harus terus digaungkan. Integritas menjadi salah satu kunci penting dalam menangkal prilaku korupsi yang menjadi musuh bersama kita. Budaya Integritas harus menjadi karakter bangsa dan menjadi identitas sumber daya manusia Indonesia. Maka pembangunan Zona integritas seperti harus terus ditularkan keberbagai instansi pelayanan masyarakat. Sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, memegang teguh sumpah janji yang telah kita ucapkan dibawah kitab suci dan menjadikan peraturan dan undang-undang sebagai pegangan guidence dalam pelaksanaan kerja-kerja pelayanan masyarakat. Ingat, walaupun KPK, Polisi, keluarga, teman dan atasan kita tidak tahu kalau kita korupsi, tetapi Tuhan itu Maha tahu. Jangan sekali-kali korupsi. Sebaliknya, jadilah aktor utama penggerak perlawanan terhadap korupsi di Indonesia. Saya yakin seluruh pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Jawa Tengah ini merupakan para aktor penggerak anti korupsi.

Hadirin yang berbahagia;  

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Terakhir, saya menyampaikan selamat atas Peresmian Law And Human Rights Center Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Jawa Tengah ini. Dengan hadirnya Law And Human Rights Center ini semoga pelayanan penegakan hukum dan ham di Jawa Tengah akan semakin meningkat. Saya harap Law And Human Rights Center ini menjadi harapan baru bagi tegaknya hukum dan Ham di Jawa Tengah.

Sekian dan terima kasih.

 

 

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu`alaikum Wr Wb.

 GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

  H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP