SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

MUSYAWARAH DAERAH KAGAMA JAWA TENGAH

               SEMARANG, 19 JANUARI 2020

 

       Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Ketua dan Seluruh Anggota KAGAMA Jateng yang saya cintai dan banggakan;

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah hari ini kita masih diberi nikmat sehat sehingga dapat bersama-sama hadir dan bersilaturahmi dalam acara Musyawarah Daerah Kagama Jawa Tengah.

       Forum ini sangat penting, selain merupakan salah satu mekanisme organisasi, forum ini juga menjadi media untuk merekatkan tali silaturahmi sekaligus wahana evaluasi, menyusun program serta diskusi tidak hanya untuk kemajuan organisasi saja tetapi juga bagi kemajuan bangsa dan negara.

Untuk diketahui, Kerja—kerja pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan berjalan optimal jika seluruh elemen masyarakat tidak bersinergi, tidak mau urun angan dan turun tangan membangun bangsa. Untuk itu, berbagai permasalahan yang ada harus kita keroyok secara kolektif. Semua harus bahu-membahu dan bergotong royong. Maka rekan-rekan Kagama, saya harap dapat membantu penurunan angka pengangguran dan kemiskinan serta menyelesaikan permasalahan lainnya, tentunya sesuai profesi dan kompetensi masing-masing. Saya yakin, dengan kegotong-royongan dan kebersamaan kita bisa mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

Saya selalu menantikan program-program positif dan kontributif dari keluarga alumni per-guruan tinggi di Jawa Tengah. Bukan hanya KAGAMA, tetapi juga keluarga alumni dari perguruan tinggi lainnya di Jawa Tengah. Keberadaan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi harus memberi warna “cerah” bagi kehidupan masyarakat Jawa Tengah, jangan hanya intern untuk keluarga almamater.

Dengan berakhirnya masa kepengurusan Pengda Kagama Jateng, maka harus dilakukan pemilihan kepengurusan yang baru. Saya ingin hal ini dilakukan dengan menjunjung tinggi prinsib-prinsib musyawarah mufakat dan dilakukan dengan demokratis. Siapa nanti yang jadi pengurus saya titip agar membuat program-program yang mampu mengedukasi anak-anak muda agar punya ruang dan kesempatan untuk meng-ekspresikan ide-ide positif dan produktif, mengembangkan kreativitas dan inovasi sehingga  tidak terjerat narkoba, tidak terpengaruh paham radikalis, teroris, dan anarkis. Ajaklah anak muda bangsa untuk berpartisipasi aktif dalam dalam program-program pemberdayaan masyarakat, sehingga selain berlatih untuk membaur di kehidupan masyarakat, keberadaan pemuda juga nampak memberi kebermanfaatan bagi masya-rakat. Saya percaya, Kagama Jawa Tengah akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi pengembangan masyarakat di berbagai sektor.

Marilah kita mengabdikan ilmu yang sudah di peroleh ini kepada masyarakat Jawa Tengah. Apalagi kalau seluruh anggota bersedia mengajak anggota lainnya untuk turut berperan. Nanti yang ahli energi, pertanian, teknik, hukum dan lainnya kita dorong bareng-bareng nggih. Supaya yang ahli-ahli ini berkontribusi pada bidangnya masing-masing.

Inilah sedikit yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Selamat menggelar Musyawarah Daerah, Semoga Kagama semakin maju untuk kejayaan Indonesia.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP