SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

LAUNCHING APLIKASI KEMBANG DESA (KEMITRAAN MEMBANGUN DESA) PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH

SEMARANG, 1 SEPTEMBER 2020

 

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah beserta jajaran;

Bupati, Walikota, Aparat Pemerintah Desa, Kelurahan, Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada masa pendemi Covid-19 ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersilaturahmi dengan Bapak-Ibu semua dalam rangka Launching Aplikasi Kembang Desa (Kemitraan Membangun Desa) Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas di-launching-nya aplikasi ini. Aplikasi Kembang Desa merupakan salah satu inovasi yang bagus dan keren sekaligus sebagai bukti bahwa Pengadilan Tinggi Jawa Tengah terus berbenah diri memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jadi sekarang masyarakat semakin dipermudah, kalau ingin mendapatkan layanan pengadilan seperti membuat surat keterangan dari Pengadilan Tinggi, layanan akses informasi perkara banding, layanan bantuan hukum, pendaftaran perkara, permohonan izin besuk, permohonan izin riset, dan berbagai layanan lainnya bisa menggunakan aplikasi Kembang Desa ini.

Aplikasi ini bisa langsung digunakan melalui handphone maupun laptop di rumah. Bagi masyarakat yang tidak punya bisa datang ke kantor desa/kelurahan nanti akan langsung dibantu aparat desa/kelurahan. Inilah bukti bahwa Pengadilan Tinggi Jawa Tengah memberikan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan dan akuntabel. Apalagi dimasa pendemi seperti ini, Aplikasi Kembang Desa berperan mengurangi kontak fisik yang ada. Tinggal nanti bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu dan mampu menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Seperti kita ketahui bersama, Birokrasi yang baik menjadi kunci sebuah pemerintahan yang baik untuk melaksanakan pembangunan dan membuat regulasi yang berpihak kepada masyarakat. Untuk itulah reformasi birokrasi harus terus dilakukan.

Reformasi birokrasi ini mencakup Penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengambilan keputusan dan penegakan disiplin serta pembangunan budaya kerja, kultur birokrasi yang berbasis etika dan inovasi. Dengan penerapan reformasi birokrasi ini, harapannya akan mengantarkan kepada praktik pemerintahan yang bersih (clean government) dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Bentuk nyata dalam menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang baik (good governance) adalah dilakukannya Reformasi Birokrasi di segala bidang/instansi dengan tujuan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Kinerja birokrasi tentu sangat berkorelasi dengan kesejahteraan rakyat. Hal itu bisa dilihat dari adanya layanan yang semakin mudah, murah dan cepat maka rakyat akan mudah mengakses apapun. "Izin cepat, transparan, ruang-ruang korupsi dipersempit dan tentu saja akan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Reformasi birokrasi juga dilakukan agar tercipta birokrat yang responsif, kompetitif dan inovatif. Artinya birokrat yang responsif menyikapi aspirasi dan tuntutan masyarakat. Tanggap dan cepat bergerak ketika ada keluhan masyarakat. Begitu pula senantiasa kompetitif dan inovatif dalam berkarya di segala bidang pembangunan, mengatasi segala tantangan dan masalah yang ada dengan solutif.

Alhamdulillah, dari waktu ke waktu kerja birokrasi di Jawa Tengah, khususnya Pemprov Jateng dan Pengadilan Tinggi berada pada track yang benar. Pelayanan publik juga sudah semakin lebih baik. Ke depan, mari bersama kita tingkatkan lagi untuk Jateng yang semakin baik dan sejahtera.

Bapak-Ibu, Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat atas dilaunchingnya Aplikasi Kembang Desa ini. Semoga Allah SWT, me-mudahkan dan melancarkan usaha kita membangun Jawa Tengah.

       Wabillahittaufik wal Hidayah.

       Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP