SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

PERESMIAN AWAL LAYANAN OPERASIONAL                       TRANS JATENG KAWASAN PURWOMANGGUNG RUTE KABUPATEN MAGELANG (TERMINAL BOROBUDUR)-KABUPATEN PURWOREJO (TERMINAL KUTOARJO)

PURWOREJO, 1 SEPTEMBER 2020

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati, Bupati Purworejo; jajaran Pegawai BRT Trans Jateng, dan Tamu Undangan yang berbahagia;

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulilah pagi ini kita dapat bersama-sama hadir pada acara Peresmian Awal Layanan Operasional                       Trans Jateng Kawasan Purwomanggung Rute Kabupaten Magelang (Terminal Borobudur) - Kabupaten Purworejo (Terminal Kutoarjo).

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya merasa bangga dan bahagia, hari ini kita bisa membuka koridor Trans Jateng Kabupaten Magelang – Purworejo. Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah nyengkuyung atas usaha kita mewujudkan salah satu moda transportasi darat yang nyaman dan murah. Untuk penumpang Umum bayar hanya Rp. 4000, buruh, pelajar / mahasiswa serta veteran bayar Rp. 2.000 per-orang. Pye?? Murah tho.

Perlu saya sampaikan bahwa, Bentuk tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk penyediaan alat transportasi berbasis Jalan yang aman, nyaman, tertib, teratur, dan biaya terjangkau maka diluncurkan operasional layanan Trans Jateng dengan menggunakan sistem “buy the service” atau membeli layanan dengan memberdayakan operator angkutan yang sebelumnya telah melayani.

Angkutan ini akan menjadi salah satu angkutan yang strategis karena mampu menghubungkan pusat-pusat kegiatan di wilayah Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Purworejo dan mendukung program pemerintah pengembangan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) dengan status super prioritas yang salah satunya adalah Borobudur serta nantinya diharapkan menjadi bagian dari terpenuhinya kebutuhan masyarakat di Purwomanggung dalam menjalankan aktifitas sehari harinya.

Kepada seluruh masyarakat Purworejo dan Magelang, selamat menikmati Trans Jateng ini dengan tarif yang terjangkau, aman dan nyaman. Kita tidak bisa membiarkan masyarakat berjejalan, bergelantungan dan membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya tumpah di jalan hanya berebut kecepatan tanpa memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan sekaligus kenyamanan. Pemerintah ada dan negara hadir menjawab kebutuhan masyarakat.

Saya menyadari, moda transportasi Trans Jateng ini masih jauh dari harapan masyarakat, namun kami terus dan selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Jateng. Kami menyadari, ini juga merupakan salah satu solusi bagi kemacetan di jalan raya. Saya yakin Trans Jateng kini dan ke depan sebagai bagian transportasi umum bakal dilirik, diminati dan dicintai masyarakat sehingga menjadi pilihan utama ketimbang macet, berkeringat di jalan.

Hadirnya Trans Jateng bukan sekadar gagah-gagahan sebagai kota besar, tapi lebih dari itu sebagai insentif, mendorong dan menggerakkan masyarakat untuk berpindah moda transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang lebih nyaman. Hal ini bukan saja mengurangi kendaraan pribadi di jalan, tapi juga menekan volume kendaraan di jalan, kemacetan juga polusi.

       Trans Jateng ini nanti rencana akan melayani penumpang dengan tujuan Terminal Borobudur, Magelang - Terminal Kutoarjo, Purworejo kurang lebih sejauh 50 Km. Armada bus yang melayani sementara berjumlah 14 unit.  Waktu pelayanan setiap hari mulai pukul 05.00-18.00 WIB.

        Bapak-Ibu, Trans Jateng tidak akan berhenti di koridor dan rute ini saja. Ke depan kami akan berusaha membuka dan melayani transportasi masyarakat pada wilayah lain di seluruh Jateng, seperti kawasan Wanarukti, Bregasmalang, Subosukowonosraten, Purwo-manggung dan Barlingmascakep,  sehingga semua warga kota-desa, pinggiran, pantai, pegunungan dapat merasakan angkutan masal yang aman, tertib, nayaman dan terjangkau.

        Kepada pengelola dan crew Trans Jateng, saya minta untuk selalu merawat bus dengan baik dan patuhi regulasi lalulintas yang ada. Jangan ugal-ugalan di jalan. Layani para penumpang dengan ramah dan berikan senyuman kepada mereka. Ingat, kita masih berada pada masa pendemi Covid-19, Protokol kesehatan haruslah selalu dijunjung tinggi. Lengkapi Bus Trans Jateng dan setiap halte/shelter dengan hand sanitizer. Tolong ingatkan jika penumpang ada yang tidak pakai masker. Tempat duduknya juga harus diatur, jangan bergelombol berdesakan. Mari kita bersama-sama untuk terus saling mengingatkan dan menjaga agar kita tidak tertular Covid-19.  

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Selanjutnya dengan mengucap ”Bismillaahir-rohmaannirrohiim”, Layanan Operasional Trans Jateng Kawasan Purwomanggung Rute Terminal Borobudur Kabupaten Magelang - Terminal Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, secara resmi saya buka dan dimulai.

Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP