ATUR PANGANDIKAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

ING ADICARA

PERESMIAN AWAL

LAYANAN OPERASIONAL TRANS JATENG

KAWASAN SUBOSUKOWONOSRATEN KORIDOR I RUTE KITHA SURAKARTA-KABUPATEN SRAGEN

SURAKARTA, 3 SEPTEMBER 2020

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Wilujeng enjang, karaharjan saha katentremam mugi tansah tumanduk dhumateng kita sami.

 

Ingkang kinurmatan, Walikota Surakarta saha Bupati Sragen;

Jajaran Birokrasi Pamarentah Daerah;

Rencang-rencang Kru BRT Trans Jateng;

Tamu Undangan saha Para Rawuh ingkang minulya;

Puji syukur Alhamdulillah konjuk dhumateng Ngarsanipun Gusti Allah Ingkang Maha Agung, ingkang sampun paring pinten-pinten kanikmat-an, katitik panjenengan lan kula saged pepang-gihan hangestreni adicara Peresmian Awal Layanan Operasional Trans Jateng kawasan SUBOSUKOWONOSRATEN Koridor I Rute Kitha Surakarta-Kabupaten Sragen.

Kula saestu kraos mongkog awit wontenipun layanan Trans Jateng Kawasan SUBOSUKO-WONOSRATEN punika, sasampunipun tanggal             1 September 2020 kepengker sampun kabikak Trans Jateng Kawasan Purwomanggung ingkang sawetara ngladosi rute Kabupaten Magelang – Purworejo. Kula aturaken gunging panuwun dhumateng sedaya pihak ingkang sampun nyengkuyung upados kita sami mujudaken salah satunggalipun moda transportasi darat ingkang nyaman ugi mirah. Minangka gambaran, kangge penumpang umum ongkosipun Rp. 4000 saben tiyang, wondene buruh, pelajar/mahasiswa sarta veteran ongkosipun namung Rp. 2.000 saben tiyang. Saestu mirah, njih.

Nuwun sewu, sinaosa punika dinten Kemis, kula nyuwun palilah matur ngginakaken Basa Indonesia kemawon supados atur kula katampi kanthi sae.

Bapak-Ibu yang saya hormati;

Peluncuran Layanan Operasional Trans Jateng kawasan SUBOSUKOWONOSRATEN ini merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk penyediaan alat transportasi berbasis Jalan yang aman, nyaman, tertib, teratur, dan biaya terjangkau, maka diluncurkan operasional layanannya menggunakan sistem “buy the service” atau membeli layanan dengan memberdayakan operator angkutan yang sebelumnya telah melayani. Angkutan ini akan menjadi salah satu angkutan yang penting karena mampu menghubungkan pusat-pusat kegiatan di wilayah Surakarta dengan Kabupaten Sragen dan mendukung pengembangan kawasan pariwisata di wilayah tersebut seperti Keraton Surakarta dan Museum Sangiran  serta nantinya diharapkan menjadi bagian dari terpenuhinya kebutuhan masyarakat di Subosukowonosraten dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Perlu saya sampaikan, bahwa sejak diluncur-kannya pelayanan Angkutan Aglomerasi Trans Jateng kawasan KEDUNGSEPUR rute Stasiun Tawang-Bawen pada tahun 2017 dan rute Terminal Mangkang-Kendal pada tahun 2019 serta kawasan BARLINGMASCAKEB rute Purwokerto-Purbalingga pada tahun 2018, ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat, maka ini kita tindaklanjuti dengan pembukaan layanan angkutan aglomerasi per-kotaan pada Kawasan SUBOSUKOWONOSRATEN rute Kota Surakarta (Terminal Tirtonadi)-Kabupaten Sragen (Terminal Sumber-lawang).

Dengan adanya koridor ini, saya berharap akan meningkatkan minat masyarakat meng-gunakan transportasi publik sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, mengurangi pengguna kendaraan pribadi, dan mengurangi konsumsi BBM serta polusi udara. Ada 14 unit bus yang mendukung layanan ini, dengan rute pelayanan: Terminal Tipe A Tirtonadi – Terminal Tipe C Sumberlawang sejauh 35,5 Km-PP. Bis hanya akan berhenti pada halte/shelter yang telah disediakan, sejumlah 31 titik. Jam operasio-nalnya mulai pukul 05.00 s.d 18.00 WIB.

Kepada pengelola dan kru Trans Jateng, saya minta untuk selalu merawat bus dengan baik dan patuhi regulasi lalulintas yang ada. Jangan ugal-ugalan di jalan. Layani penumpang dengan ramah. Perlu diingat, kita masih berada pada masa pendemi Covid-19, protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat. Patuhi aturan terkait batasan jumlah penumpang di bus, pengaturan jarak antrian di halte, penyemprotan disinfektan secara rutin di bus dan halte. Lengkapi Bus Trans Jateng dan setiap halte/shelter dengan hand sanitizer. Tolong ingatkan jika penumpang ada yang tidak pakai masker. Tempat duduknya juga harus diatur, jangan bergerombol berdesakan. Itu semua merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Akhirnya, kepada masyarakat Surakarta dan Sragen, saya sampaikan selamat menikmati layanan Trans Jateng Kawasan SUBOSUKO-WONOSRATEN. Manfaatkan moda transportasi ini secara optimal. Dan ada kabar gembira, bahwa dalam waktu 9 (sembilan) hari pertama akan diberikan layanan gratis untuk seluruh pengguna jasa.         

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Selanjutnya dengan mengucap ”Bismillaahir-rohmaannirrohiim”, Layanan Operasional Trans Jateng kawasan SUBOSUKOWONOSRATEN Koridor I Rute Kota Surakarta-Kabupaten Sragen, saya resmikan.

Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

                                                                                         GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP