SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

RAPAT TERBUKA SENAT UNISSULA DALAM RANGKA PERINGATAN MUHARRAM 1442 H

SEMARANG,  9 SEPTEMBER 2020

 

 

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

 

Yang saya hormati, Rektor Universitas Islam Sultan Agung;

Yang saya hormati, Civitas Akademika Universitas Sultan Agung;

Yang saya hormati, Para penerima anugerah BUDAI AWARD 1442 Hijriyah;

 

Puji syukur alhamdulillah pada kesempatan ini kita dapat bersama-sama bersilaturahim, hadir menyertai Rapat Terbuka Senat Unissula dalam rangka Peringatan Muharram 1442 Hijriyah.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saya sampaikan ”Selamat Tahun Baru Hijriyah”. Semoga di hari yang mulia ini nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT senantiasa terus bertambah.

 

Hadirin yang berbahagia;

Setiap memasuki tahun baru Islam (Bulan  Suro/Muharam), sudah menjadi tradisi bagi kaum muslim dan orang Jawa untuk melakukan do’a awal dan akhir tahun, dengan harapan untuk revitalisasi kadar keimanan  dan agar dosa-dosa yang pernah dilakukan  selama satu tahun yang lalu dapat lebur dan membuka lembaran tahun baru dengan aktifitas yang lebih baik lagi.

Kita semua patut prihatin, di usia negara kita yang ke 75 tahun ini, cobaan masih saja mendera ibu pertiwi. Belum usai masalah degradasi mental anak bangsa, infrastruktur, intoleransi, Covid 19 yang masih juga melanda negeri ini, menjadi cobaan berat yang tentu menguji kadar keimanan kita sebagai pribadi yang bernegara dan beragama.

Maka saya tidak pernah bosan mewanti-wanti kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk tetap tabah, tetap madep mantep ngibadah, bekerja, jihad bekerja dan menunaikan tuntunan agama. Termasuk segenap Civitas Akademika Unissula, saya selalu menunggu kiprahnya untuk urun rembug, berinovasi turut membangun Negeri. Bantu kami membangun Jateng melalui jalur pendidikan.

Mari bersama-sama kita bangun Generasi Khaira Ummah. Di kampus ini ada Budaya Akademik Islami (BUDAI). Top, saya acungi jempol. memang tolak ukur pendidikan kita harus berubah, kita harus kembali kepada pendidikan atas dasar tata nilai, terutama nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Saya dukung penuh, terus kembangkan ilmu dan teknologi dengan melaksanakan rekonstruksi ilmu atas dasar nilai-nilai Islam agar arah pengembangan ilmu ke depan sesuai dengan nilai-nilai Islam yang santun dan humanis. Hal ini relevan dengan kondisi dunia pendidikan di Indonesia yang secara praktikal terlihat generasi muda kita yang perlahan seperti meninggalkan adab ketimuran bangsa ini

Dikesempatan ini saya minta mahasiswa Unissula jangan ada yang terjangkit paham terorisme. Saya ingin BUDAI benar-benar menjadikan mahasiswa Unissula menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, dan humanis. Kasus intoleransi Mertodranan Solo, semoga jadi kasus terakhir, jangan terulang lagi di Jateng.

Kemudian, pada kesempatan ini Saya ucapkan “selamat” kepada para penerima Anugerah BUDAI AWARD 1442 H, Bapak prof. Dr. H. Imam Suprayogo. Bapak/Ibu, ini bukan sekedar seremoni. Para penerima BUDAI AWARD ini tentunya menjadi tauladan bagi masyarakat, telah membuktikan diri bahwa beliau ini mampu menjadi agen kebaikan. Respek, bahwa forum ini juga menjadi ajang penghargaan bagi pahlawan kita yang gugur saat bertugas melawan pandemi Covid-19. Jangan sia-siakan pengorbanan mereka, mari tetap jalankan protokol kesehatan, selalu pakai masker, jaga jarak, dan selalu bawa hand sanitizer.

 

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang membahagiakan ini.

Sekian, terima kasih.

Wabillahitaufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

 

                                                                                                                            GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

                                                                                                                        H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP