ATUR PANGANDIKAN

WAKIL GUBERNUR JAWI TENGAH

ING ADICARA

MAULID NABI MUHAMMAD SAW LAN KHOTMIL QUR’AN

DEMAK, 21 NOVEMBER 2019

 

Bismillahirohmaanirohiim,

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

 

Ingkang kula urmati, Pangarsa lan Kaluwarga Ageng pondok Pesantren Miftahul Anwar Jetak Jatirogo Bonang Demak

Para Kyai, Masyayikh, Sesepuh Pinisepuh, Para Pepunden, Para Tamu Undangan.

 

Kairing raos syukur lan gunging panuwun mawantu-wantu, sumangga kita konjukaken dhumateng ngarsanipun Allah SWT, ingkang sampun paring kanugrahan gumelaring rasa kuwarasan lan pinten-pinten kanikmatan, sahengga kula lan panjenengan sami saged kempal manunggal hangrawuhi adicara Pengetan Maulid Nabi Muhammad SAW lan Khotmil Qur’an ing Tlatah Pondok Pesantren Miftahul Anwar.

Mboten kesupe, sholawat sarta salam ugi kita aturaken dhumateng junjungan kita sedaya, Nabi Agung Muhammad SAW ing-kang sampun paring panerangan ing reja-ning jaman saking wahyu ingkang minulya, nggih menika awujud Ajaran Islam ingkang mulia.

Nuwun sewu dhumateng para rawuh, bilih ing ngajeng punika kula matur ngginak-aken Basa Jawi, amargi yektosipun menawi dinten Kemis makaten, para kadang perangkat pamarentah lan masyarakat Jawi Tengah dipun prayogekaken ngginakaken Basa Jawi saklebetipun wawan pangandikan. Nanging, supados punapa ingkang kula aturaken saged dipun mangertosi kanthi sae, saklajengipun kula badhe matur ngginak-aken Basa Indonesia.

 

Hadirin yang berbahagia;

Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya sampaikan ”selamat dan apresiasi” atas terselenggaranya acara religi ini. Tentu saya juga berbahagia dan ber-bangga kepada anak-anakku yang telah sukses membaca tuntas Al Qur’an 30 Juz. Teriring harapan, bahwa tonggak-tonggak penopang pembangunan yang religius telah muncul dari ponpes ini.

Saya juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas diselenggarakannya Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, kegiatan ini tentunya juga menjadi wahana untuk meneladani nilai-nilai keutamaan atas perjuangan, budi baik dan amal saleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW, agar kita yang masih hidup selalu diberi kemudahan dan bim-bingan, hingga apa yang kita lakukan senantiasa bisa memberikan manfaat dan maslahat kehidupan bagi masyarakat.

Melalui acara ini, mari kita menggali lebih dalam sikap Islami yang rahmatan lil alamin, Islam sejati yang dituntunkan dalam Al-Quran dan Hadist Rasullulah SAW. Bahwa Islam hadir untuk kebaikan bagi seluruh penghuni alam semesta. Islam itu sangat menghargai perbedaan, mengandung nilai-nilai toleransi, gotong royong, per-damaian, keberagaman, dan cinta kasih pada sesama manusia. Bukankah Rasullulah SAW selalu mengajarkan dua prinsip yang sangat penting dalam Agama Islam yaitu Hablumminallah dan Hablumminannas. Jadi selain kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah SWT, kita juga harus mampu menjaga hubungan serta berbuat baik kepada sesama manusia dan alam semesta.

Untuk itulah, pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada, termasuk para Kyai, Alim Ulama, dan Para Santri untuk bersama-sama membangun Indonesia yang damai, dengan terus menyebarkan nilai-nilai toleransi, kegotongroyongan, kerjasama, tenggang rasa, dan saling menghargai. Mari kita bahu membahu, bersatu padu  menyelesaikan kemiskinan, pengangguran, penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan korupsi yang masih menjadi PR Bangsa.

Nderek titip dhumateng poro Kyai, Ulama, Ustad lan Pemuka Agama, agar terus berdakwah menyebarkan nilai-nilai Agama Islam dan selalu mengajak masyarakat untuk terus bergotong royong membangun Jawa Tengah, khususnya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. Begitu pun para santri, aplikasikan ilmu yang didapat dari dalam ponpes ini. Sejatinya, kelulusan kalian adalah saat bisa menerapkan ilmu kalian didalam kehidupan bermasyarakat.

 

Saya selalu meyakini, harmonisasi antara ulama, umaro, dan masyarakat, yang  terbingkai rapi dalam norma agama dan norma negara akan menghasilkan tatanan negara yang adil dan makmur.

 

Hadirin yang berbahagia;

       Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi usaha luhur kita untuk berusaha hidup lebih baik, Aamiin.

       Sekian dan terima kasih atas perhatian-nya.

Wabillahitaufik wal Hidayah,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

                                                                                                                                                                                                                                                                         WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                      H. TAJ YASIN