SAMBUTAN

GUBERNUR  JAWA TENGAH

PADA

PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA

ANTARA GUBERNUR JAWA TENGAH

DENGAN CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO)

PT. KAWASAN INDUSTRI KENDAL (KIK)

TENTANG

LINK AND MATCH  KURIKULUM SMK  

DI JAWA TENGAH

DENGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI

SEMARANG, 8 SEPTEMBER 2020

 

        Assalamu`alaikum Wr.Wb.

        Salam sejahtera untuk kita semua;

        Dan Selamat pagi;

Yang saya hormati Chief Executive Officer (Ceo),  Direktur dan Para Tenant PT. Kawasan Industri Kendal (KIK);

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah;

Tamu Undangan dan Hadirin yang ber-bahagia;

Teriring rasa syukur Alhamdulillah ke hadirat Allah S.W.T, pada masa masih merebaknya virus covid-19, kita dapat bersama-sama hadir menyertai “Penandatanganan Kesepakatan Bersama  Antara Gubernur Jawa Tengah Dengan Chief Executive Officer (CEO) PT. Kawasan Industri Kendal (KIK) Tentang Link and Match Kuri-kulum SMK Di Jawa Tengah Dengan Dunia Usaha dan Industri. Yang dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara 15 Tenant PT. KIK dengan Dinas Pendidikan dan Ke-budayaan Prov. Jateng selaku koordinator Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk itu, saya me-nyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kolaborasi ini, sebagai upaya mendukung penye-rapan tenaga kerja.

Saya sampaikan demikian karena data menun-jukan, bahwa lulusan SMK pertahun 2019/2020 sebanyak 56.311 masih belum terserap dunia usa-ha. Salah satunya karena skill dan kompetensi mereka jauh dari harapan perusahaan, yang butuh waktu cepat untuk memenui kebutuhan pasar.

Maka di sinilah dalam upaya menghadapi revolusi industri 4.0, perlu kerjasama antara SMK dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Dengan demikian ada keterpaduan antara kemam-puan manusia (human skill) dengan kemampuan teknologi (technology skill). Maka di sinilah perlu persiapan up grading peralatan praktikum dan sinkronisasi konten kurikulum untuk mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), serta kolaborasi dengan industri.    

Beberapa persiapan tersebut, antara lain dalam hal bentuk magang guru, magang siswa, guru tamu dan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Tidak kalah penting adalah mengenalkan budaya atau karakter industri dalam proses pembelajaran, serta pemutakhiran infrastruktur Teknologi, Infor-masi dan Komunikasi (TIK) di sekolah. Kemudian dilengkapi dengan pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1), sebagai lembaga pelaksana kegiatan kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), terkait sertifikat profesi berbasis kompetensi. Hal itu selaras dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK.

Saya bersyukur bentuk kemitraan yang telah dilakukan pada 30 SMK terpilih. Masing-masing di wilayah Kendal, Batang, Pekalongan dan Kota Se-marang. Pelaksanaan pembelajaran dalam bentuk kelas industri, Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan magang siswa, magang/diklat guru. Kemudian dalam hal pelaksanaan uji kompetensi produktif, penyelenggaraan kelas industri, rekrutmen calon tenaga kerja dan pengembangan teaching factory.

Melalui kerjasama ini, harapannya akan meng-hasilkan para lulusan yang berkompeten. Seku-rangnya selaras (link and match) dengan kebutuh-an dunia industri. Dengan demikian, kelak saat mereka lulus dapat langsung bekerja di perusa-haan.  Muaranya adalah tercipta paradigma “The right man on the right place (menempatkan orang sesuai keahliannya). Selain itu, diharapkan dapat memperkaya pekerjaan melalui wirausaha, seka-ligus memperkecil angka pengangguran. 

Hadirin yang saya hormati;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga sukses untuk kita, baik bagi SMK maupun para perusahaan, khususnya di area Kendal yang berbasis Kawasan Industri Kendal “Park by the bay”.

 Ke depan mudah-mudahan akan lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang mengajak kerja-sama dengan SMK. Saya percaya banyak Kabupa-ten/Kota yang juga punya area khusus untuk ka-wasan industri. Maka kerjasama seperti ini juga bisa dilakukan.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

H. GANJAR PRANOWO, SH., M.IP