ATUR PANGANDIKAN

GUBERNUR JAWI TENGAH

ING ADICARA

PENYERAHAN BANTUAN SOSIAL BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) LAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

SEMARANG, 21 NOVEMBER 2019

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Sugeng enjang lan karaharjan dhumateng kito sekalian;

Ingkang kulo Kurmati Menteri Menteri Sosial Republik Indonesia, Bapak Juliari Peter Batubara;

Jajaran Forkopimda Jawi Tengah; Poro Masyarakat ingkang nampi BPNT lan PKH;

Tamu Undangan ingkang minulyo;

Puji syukur konjuk ing ngarsanipun Allah SWT, Alhamdulillah enjing punika kita taksih pinaringan kasarasan lan kawilujengan sahengga saged sesarengan hangastreni adicara, Penyerahan Bantuan Sosial Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) lan Program Keluarga Harapan (PKH).

Kulo aturaken sugeng rawuh dhumateng Bapak Menteri Sosial lan poro jajaran ing tlatah Jawi Tengah. Mugikemawon kerawuhan Bapak wonten ing mriki saged nambahi smangat lan motivasi dhumateng kita sekalian, mliginipun poro sederek panampi BPNT lan PKH.

Bapak, Ibu lan para rawuh sedaya, prelu kulo aturaken bilih yektosipun, saben dinten Kemis, jajaran Pamarintah Provinsi Jawi Tengah dipun prayogakaken ngginaaken Basa Jawi saklebetipun wawan pengandikan ing papan makaryo. Nanging amargi ingkang rawuh mboten sedaya saking Jawi, lan punapa ingkang kulo aturaken kedah saged dipun mangertosi kanthi sae, pramilo saklajengipun kulo badhe matur ngginaaken Basa Indonesia.  

Atas nama Pemerintah daerah dan masya-rakat Jateng, saya menyampaikan terima kasih atas diserahkannya BNPT dan PKH. Ini program-program riil yang tepat sasaran serta manfaat untuk membantu masyarakat kurang mampu. Kami mendukung penuh, karena tujuannya  sa-ngat mulia. PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita. Melalui PKH, Keluarga Penerima Manfaat didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. PKH merupakan tulang punggung penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pem-berdayaan sosial nasional.

Sedangkan BNPT bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta mem-berikan nutrisi yang lebih seimbang kepada keluarga penerima manfaat secara tepat sasaran dan tepat waktu. Jadi bukan saja membantu rumah tangga miskin agar terhindar dari kemiskinan, tetapi juga sekaligus memastikan tumbuhnya generasi yang sehat, cerdas dan berkualitas. Jadi, tidak bersifat jangka pendek namun jangka panjang. Keberhasilan program ini bukan saja akan menurunkan kemiskinan masyarakat tetapi juga akan melahirkan kader-kader dan generasi muda hebat sebagai penerus pembangunan bangsa.

Melalui BPNT dan PKH ini, tentu saja juga sangat membantu upaya Jateng untuk menurun-kan angka kemiskinan. Walaupun dari waktu ke waktu mengalami penurunan, tetapi angka kemiskinan di Jateng saat ini angkanya masih sangat tinggi yaitu 3,74 juta atau 10,80% per Maret 2019 (BPS). Ini PR besar yang akan kita usahakan untuk dapat terus ditekan angkanya.

Kami bertekad, akan terus menggunakan pola-pola keroyokan - gotong royong untuk mengatasi persoalan kemiskinan di Jateng. Kalau budget APBD nggak cukup, maka kemudian ada inovasi yang harus dilakukan. Seperti halnya dengan CSR yang didukung database yang kuat untuk mengarahkan program dan fokus untuk membantu mengatasi persoalan ini. Termasuk inovasi lainnya, seperti pendampingan UMKM dan pengembangan wirausaha oleh rekan-rekan aka-demisi dan pelaku usaha di Jateng, mendaya-gunakan program yang dilakukan BAZNAS, dll.

Pada prinsipnya, kita terus bergerak ber-sama-sama untuk mengatasi persoalan kemis-kinan di Jateng. Kita memberikan prioritas pem-bangunan untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. Harapannya, yang menca-pai taraf sejahtera itu makin bertambah dan tidak hanya terpusat pada wilayah tertentu, tetapi pada semua wilayah di Jateng, baik itu di wilayah pesisir, perkotaan, perdesan, pegunungan dll. Kita ingin mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. 

 Inilah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Selanjutnya kami mohon Bapak Menteri berkenan memberikan pengarahan.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi usaha luhur kita semua.

 Sekian dan terima kasih

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

 

 H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP