SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

SILATURAHMI KEBANGSAAN

BERSAMA FORUM KOORDINASI PIMPINAN DAERAH (FORKOPIMDA), TOKOH AGAMA, TOKOH MASYARAKAT DI PROVINSI JAWA TENGAH

S                                                                         SURAKARTA, 02 OKTOBER 2020

 

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau yang mewakili;

Unsur Forkopimda Provinsi Jawa Tengah;

Ketua FKPT Provinsi Jawa Tengah;

Rekan-rekan BINDA dan BAIS Wilayah Surakarta;

Unsur Forkopimda Kabupaten dan Kota Solo Raya;

 

Tamu Undangan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang berbahagia;

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, meskipun masih dalam suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19, kita semua masih dapat bersilaturahmi mempererat tali persaudaraan dalam kegiatan Silaturahmi Kebangsaan Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Di Provinsi Jawa Tengah. Yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Saya sangat mengapresiasi atas prakarsa BNPT, Inilah salah satu upaya dan kewajiban kita semua untuk mempererat persatuan dan kesatuan, memupuk kerukunan serta menumbuhkan semangat kegotong-royongan dalam membangun tanah air tercinta.

Indonesia adalah bangsa besar yang terdiri dari 1.340 suku bangsa (BPS 2010), bermacam agama, ras dan golongan. Ini adalah potensi bangsa yang jika tidak terkelola dengan baik akan menjadi sebuah ancaman nyata bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita tentu juga harus terus mewaspadai berbagai pihak yang ingin membuat Indonesia gaduh dan tidak kondusif. Radikalisme, terorisme, intoleransi dan berbagai gerakan anti Pancasila masih kita temukan di berbagai daerah. Inilah ancaman nyata untuk kerukunan dan kebhinekaan Indonesia. Tidak hanya itu, ketika melihat medsos, saya juga sedih, ujaran kebencian, bully, caci maki, kata-kata kotor dan ejekan rasis dapat dengan mudah kita temukan. Kita bersama harus hentikan ini semua.

Ayo kita galang bersama sama menolak dan menangkal paham, tindakan serta sikap yang hanya menjulurkan chauvinist sempit, menebar devide et impera maupun cara-cara kekerasan yang mengerdilkan kerukunan dan kedamaian. Kita harus bangkit, guyub, bergandeng tangan menjaga negeri ini, menenun spirit kebangsaan.

Mari kita terus menjunjung tinggi dan meneguhkan nilai kebangsaan serta Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Kita harus mampu menunjukkan kepribadian sebagai bangsa Indonesia. Kita tunjukkan pada dunia bahwa kita punya kepribadian dalam kebudayaan. Kita memiliki semangat gotong-royong, toleransi, musyawarah untuk mufakat dan Bhinneka Tunggal Ika untuk membangun kebersamaan. Itulah sesungguhnya pondasi jatidiri yang selaras dengan potensi, kompetensi, dan karakteristik Bangsa Indonesia sebagai bangsa pejuang yang selalu ingin bertindak sportif, kreatif dan inovatif dalam menunjukkan karya terbaiknya dalam membangun pulau-pulau harapan yang bernama Indonesia.

Untuk itu, mari kita gelorakan semangat merah putih, semangat kebangsaan, semangat persatuan dan selalu kita tularkan kegembiraan akan ke-Indonesiaan yang penuh kedamaian ini. Ayo kita bulatkan tekad untuk merawat dan bangga pada Ibu Pertiwi melalui kemajuan di berbagai bidang. Berlandaskan Pancasila, mari kita bangun Indonesia dengan karya nyata, bersaudara tanpa SARA dan semakin mencintai NKRI.

Terakhir, saya ingin mengajak saudara semua untuk terus mawas diri, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, menerapkan budaya baru, memakai masker, rajin cuci tangan, membawa hand sanitiser, physical distancing dan menjaga menerapkan pola hidup sehat. Sampai saat ini pendemi ini belum memberikan tanda-tanda akan berakhir. Di Jateng dan secara nasional terus masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 menunjukkan grafik peningkatan. Ini artinya keringat, kerja keras dan pengorbanan kita belumlah berakhir. Mari kita terus bahu membahu dan bergotong-royong untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Dengan semangat dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat yang ada, saya yakin kita akan mampu menang melawan Covid-19.

Hari ini mari kita gandakan usaha kita, kita ajak dan yakinkan seluruh masyarakat untuk berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.  Yakinlah, pandemi ini akan segera berakhir. Dengan tekad kuat, kedisiplinan, kesabaran, gotong-royong dan atas ijin Allah SWT, Covid-19 akan segera sirna dari bumi Nusantara.

 

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT, selalu meridhoi, melindungi dan memudahkan usaha luhur kita untuk membangun Indonesia. Sekian terima kasih.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wabillahitaufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

                                                                                                                                GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                    H. GANJAR PRANOWO, SH.,M.IP