SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA

PAGELARAN WAYANG KULIT SEDALU NATAS

BENGKULU, 23 NOVEMBER 2019

 

Assalamu `alaikum Wr.Wb.

Selamat malam, sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati, Walikota Bengkulu, Bapak Helmi Hasan;

Ketua dan Keluarga Besar Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB); Ketua Panitia, Hadirin dan Tamu Undangan;

 

        Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Alhamdulillah malam ini kita semua dipertemukan di acara Pagelaran Wayang Kulit Sedalu Natas dalam rangka Penyerahan Seperangkat Wayang dan Gamelan, sekaligus Memperingati Hari wayang Sedunia.

 

Hadirin yang berbahagia;

        Dalam cerita wayang selalu ada nilai-nilai filosofis, religius dan pesan moral. Merujuk pada fakta tersebut, secara sadar atau tidak, cerita dan karakter dalam tokoh pewayangan mampu mem-pengaruhi tingkah laku, sikap, maupun prinsip hidup masyarakat. Sifat/karakter setiap tokoh wayang dan ceritanya, sejatinya menggambarkan sifat dan kehidupan manusia. Jadi cerita dalam wayang adalah refleksi kehidupan. Sekaligus pembelajaran, bahwa kebaikan selalu unggul, dan layak diperjuangkan, disertai keuletan, kesabaran dan kegigihan. Cerita dalam wayang juga menggambarkan bahwa mencapai suatu kemulia-an dan kehidupan yang lebih baik harus disertai dengan kerja keras. Inilah Wayang, yang sangat berkesesuaian dengan filosofi lelaku hidup Orang Jawa.

Daya tahan seni pertunjukan wayang yang luar biasa, ternyata mampu menjadikan wayang sebagai identitas budaya dan menjadi ikon budaya bangsa, yang alhamdulillah sudah diakui UNESCO pada tanggal 7 November 2003 yang lalu. Wayang berhasil menempatkan diri dalam jajaran master piece budaya dunia. 

Atas segala nilai-nilai yang terkandung dalam kesenian Wayang, dan penghargaannya yang disematkan oleh dunia, lantas siapa yang merawatnya? Siapa yang melestarikannya? Tentu saja kita, yang muda, sing jarene Wong Jawa. Maka disini saya mengajak kepada Cah-cah Bengkulu untuk tetap nguri-uri Budaya Jawa ini, dengan tetap bersandingan dengan kearifan lokal daerah lain. Ayo, ora gur ngomong tok, mainkan wayangmu, tentukan lakonmu.

 

 

 

Hadirin yang berbahagia;

       Itu saja yang perlu saya sampaikan pada kesempatan yang membahagiakan ini. Selamat merayakan Hari Wayang Sedunia.

Wabillahitaufik wal hidayah

Wassalamu`alaikum Wr.Wb

 

                                                                                                                           GUBERNUR JAWA TENGAH

 

                                                                                                                            H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP