SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

PENCANANGAN DESA/KELURAHAN BERSINAR TERANG DI KABUPATEN CILACAP

CILACAP, 26 NOVEMBER 2019

 

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya Hormati, Bupati, Wakil Bupati beserta Jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap;

Camat, Kepala Desa/Keluranan Se-Kabupaten Cilacap;

Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah pagi ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersama-sama hadir pada Pencanangan Desa / Kelurahan Bersinar Terang Di Kabupaten Cilacap.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Saya sampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Selain menjadi bagian dari nawaitu kita dalam melawan radikalisme, terororisme, narkoba dan berbagai tindakan yang dapat mengganggu kondusifitas daerah, pencanangan desa bersinar juga merupakan langkah yang bagus untuk merekatkan persatuan masyarakat desa dalam rangka membangun daerahnya.

Kita harus sadari bahwa salah satu faktor yang paling penting dalam sebuah pembangunan adalah adanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Nek masyarakate tentrem, guyub lan rukun pemerintah akan bisa melaksanakan pembangunan dengan lancar. Tapi nek masyarakate podo tukaran, kondusifitas terganggu karena bom, tindakan teror dan banyak orang mabok, teler pakai narkoba pemerintah juga mesti repot ngurusine, akhire program-program pemerintahan terganggu.

Saat ini secara umum situasi kamtibmas di Jateng relatif aman. Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menjaga iklim kondusivitas kehidupan di Jateng. Meski demikian, kewaspadaan harus terus kita ting-katkan karena potensi atas gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat itu selalu ada.

       Aksi teror di berbagai daerah masih kita lihat. Densus 88, BNP, polisi dan BNN juga terus melakukan penangkapan terhadap prilaku teror dan bandar narkoba.

Karena itu, kita harus terus waspada dan waspada. Aspek-aspek pencegahan harus di-kuatkan. Artinya bagaimana kita bisa melakukan deradikalisasi secara efektif agar sel-sel jaringan ini tidak berkembang dan mati. Bagaimana para pengguna narkoba ini bisa kita tekan seminimal mungkin atau bahkan kita hilangkan.

Kita harus bergotong-royong bersama untuk upaya melawan radikalisme, terorisme dan narkoba ini. Desa/Kelurahan sebagai ujung tombak pemerintahan harus banyak membuat berbagai forum penyadaran tentang radikalisme, terorisme, dan bahaya narkoba. Salah satunya adalah dengan mengintensifkan pola-pola pembinaan dakwah di masjid-masjid kampung/ desa.  

Masjid mempunyai peran dan fungsi yang penting bagi umat Islam, utamanya bagi masya-rakat yang berada dilingkungannya, antara lain sebagai tempat sholat dan mengaji untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, dan kecerdasan umat. Selain itu, masjid merupakan tempat musyawarah dan silaturahmi, kegiatan dakwah dan pendidikan, pengembangan ilmu dan budaya Islami, serta pemberdayaan umat. Masjid juga memiliki peran strategis sebagai central pendidikan, pembelajaran dakwah pembinaan umat Islam, pengentasan masalah sosial, termasuk didalamnya adalah penang-gulangan faham radikalisme dan terorisme melalui upaya deradikalisasi serta kontra terorisme dan juga termasuk bahaya narkoba.

Masjid harus benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin dan seoptimal mungkin dalam rangka memerangi radikalisme, terorisme dan narkoba. Disinilah peran para kyai, ustad dan alim ulama yang hendaknya ampun sayah paring pitutur dumateng umat tentang ajaran Islam yang Rahmatan lil alamin.

Selain itu, saya juga berharap para Kyai, alim ulama, ustad, dan para pemuka agama untuk terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah terutama mengenai masalah dan hambatan yang dihadapi dalam melakukan dakwah mengatasi permasalahan umat, khususnya berkaitan dengan radikalisme, terorisme dan narkoba. Jika menemukan hal-hal seperti itu, segera laporkan kepada pemerintah maupun pihak yang berwajib.

Radikalisme, Terorisme dan narkoba adalah ancaman bangsa, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri mengatasi hal tersebut. Mari kita lawan radikalisme, terorisme dan narkoba untuk masa depan Indonesia yang semakin hebat. Kuatkan desa/kelurahan, jauhkan dari ancaman paham radikalisme, terorisme dan narkoba. Berdayakan masyarakatnya dengan berbagai kegiatan yang memberikan efek peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dari desa mari kita  sebarkan kedamaian bagi Indonesia.

Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Selanjutnya dengan memohon ridho Allah SWT, seraya mengucap bismillahhirroohmannirrohim, Desa / Kelurahan Bersinar Terang Di Kabupaten Cilacap, secara resmi saya canangkan.

 Semoga ini tidak hanya kegiatan seremonial saja, tetapi lebih dari itu, mampu menjadi sebuah contoh positif dan melahirkan prestasi nyata bagi pencegahan paham radikalisme, terorisme dan narkoba di Jawa Tengah..

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

 

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

GUBERNUR  JAWA TENGAH

      

     H. GANJAR PRANOWO, SH. MIP