SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

WELCOME PARTY PEKAN OLAHRAGA DAN SENI ANTAR DAERAH PERBATASAN (PORSENITAS) “KUNCI BERSAMA” DAN PAMERAN PRODUK UNGGULAN  DAERAH TAHUN 2019

BREBES, 26 NOVEMBER 2019

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat Malam dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang kami hormati, Ketua Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD) “Kunci Bersama”;

Bupati dan Unsur Forkopimda Kabupaten Brebes;

Bupati Kabupaten Cilacap, Pangandaran, Ciamis, Majalengka, Kuningan, Cirebon atau yang mewakili;

Walikota Banjar, Cirebon atau yang mewakili;

Pimpinan Rombongan, Para Pelatih, Official dan Para Atlet Kontingen PORSENITAS Ke-8 Tahun 2019;

Undangan dan Hadirin Sekalian;

       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah malam ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersama-sama hadir pada Welcome Party Pekan olahraga dan Seni antar Daerah Perbatasan (PORSENITAS) Kunci Bersama Dan Pameran Produk Unnggulan  Daerah Tahun 2019.

Mengawali sambutan atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kami ucapkan Selamat Datang dan Terima Kasih telah berkunjung ke Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, selain itu saya ingin memberikan apresiasi kepada Ketua Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD) ”Kunci Bersama” dan seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota ”Kunci Bersama” yang telah bekerjasama menyelenggarakan kegiatan ini.  Kiranya kegiatan ini tidak hanya dimaknai sebagai sebuah kompetisi olah raga dan seni untuk mendapatkan juara, lebih dari itu harus dimaknai sebagai upaya untuk membangun keakraban, kebersamaan, silaturahim dan rasa kekeluargaan antara sesama Bupati/walikota yang tergabung dalam Kunci Bersama. Dimana kita lihat, bukan hanya kita bertanding dan mencapai prestasi, tetapi yang lebih utama adalah silaturahim antara rekan-rekan yang tergabung dalam Kunci Bersama, juga menjadi sarana untuk menularkan nilai-nilai sportifitas, kerjasama dan kerja keras yang terkandung dalam olah raga. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana bagi kita untuk refreshing setelah kita disibukkan dengan aktifitas rutin pekerjaan. Makaryo, nyambut gawe, apabila tidak diimbangi dengan kegiatan refreshing dan olahraga, dapat membuat fisik dan pikiran cepat capek dan lelah. Ini bagian recharge pikiran, kreasi, inovasi dalam kinerja dan melayani masyarakat agar lebih baik.

Pada kesempatan yang baik ini, Saya menaruh harapan khususnya kepada para peserta event ini mampu meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang pembangunan di daerah perbatasan.

Melalui ajang olahraga ini semoga mampu memperkokoh jalinan persahabatan dengan menjunjung tinggi sportivitas. PORSENITAS “Kunci Bersama” salah satu sarana komunikasi dan informasi antar daerah perbatasan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan kawasan perbatasan harus dilakukan optimal dengan mengembangkan seluruh potensi sumber daya wilayah (Sumber Daya Alam, Sumber Daya Buatan dan Sumber Daya Manusia). Untuk mencapai kesejahteraan dan keamanan, saya harap ke depan, model pengembangan perbatasan dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi dan potensi kawasan dapat berupa kawasan strategis, kawasan pusat pertumbuhan, kawasan agropolitan, kawasan minapolitan, kawasan transit dan kawasan wisata. Selain itu, daerah dituntut untuk mampu membangun kerjasama antar daerah untuk meningkatkan kesejahteraan bersama dan mencegah ketimpangan antar daerah dalam koridor keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wilayah perbatasan bukan suatu yang terkesan sebagai daerah tertinggal, tetapi wilayah perbatasan harus kita bangun bersama menjadi daerah yang maju. Karena sesungguhnya daerah perbatasan merupakan etalase wajah dari kedua Provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah

Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Akhirnya, mari kita bersama-sama mengembangkan kebersamaan  dan  ke-mitraan menuju terwujudnya  Indonesia  hebat  .

Semoga Allah SWT, selalu meridhoi, melindungi dan memudahkan usaha luhur kita membangun Indonesia. Sekian dan terima kasih atas kebersamaan ini.

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

                                                                                                                                                                                                                                    GUBERNUR  JAWA TENGAH

      

 

 

                                                                                                                                                                                                                                           H. GANJAR PRANOWO, SH. M.IP