SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

 

UPACARA PEMBUKAAN PEKAN OLAHRAGA DAN SENI ANTAR DAERAH PERBATASAN (PORSENITAS) “KUNCI BERSAMA” DAN PAMERAN PRODUK UNGGULAN  DAERAH TAHUN 2019

 

BREBES, 27 NOVEMBER 2019

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

 

Yang kami hormati, Ketua Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD) “Kunci Bersama”;

Bupati dan Unsur Forkopimda Kabupaten Brebes;

Bupati Kabupaten Cilacap, Pangandaran, Ciamis, Majalengka, Kuningan, Cirebon atau yang mewakili;

Walikota Banjar, Cirebon atau yang mewakili;

Pimpinan Rombongan, Para Pelatih, Official dan Para Atlet Kontingen PORSENITAS Ke-8 Tahun 2019;

Undangan dan Hadirin Sekalian;

       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah, rahmat dan ridhoNya kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan sehingga dapat mengikuti Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Dan Seni Antar Daerah Perbatasan (PORSENITAS) “Kunci Ber-sama” Dan Pameran Produk Unggulan  Daerah Tahun 2019.

 

 

       Sungguh saya merasa bahagia sekaligus bangga, pagi ini kita dapat bersua bersama para kontingen dari Kabupaten dan Kota ”Kunci Bersama”, bersilaturahmi dalam gelaran Pembukaan Pekan Olahraga Dan Seni Antar Daerah Perbatasan (PORSENITAS) Dan Pameran Produk Unggulan  Daerah Ke-8 Tahun 2019. Saya melihat wajah-wajah optimis, semangat berkompetisi, semangat menjalin persaudaraan.

 

 

       Kiranya kegiatan ini tidak hanya dimaknai sebagai sebuah kompetisi olah raga dan seni untuk mendapatkan juara, lebih dari itu kegiatan ini harus dimaknai sebagai upaya untuk membangun keakraban dan rasa kekeluargaan antara seluruh peserta.  Medali sangatlah penting pada sebuah pertandingan, namun filosofi sebuah pertandingan sendiri adalah sportifitas. Jadi, sebagaimana program Nasional, juara bukan tujuan utama. Tujuan utamanya adalah membangun budaya berolahraga di kalangan masyarakat, lalu bertukar informasi budaya dan solidaritas.

 

 

       Melalui kegiatan olahraga dan seni inilah, mari kita junjung tinggi dan membiasakan diri untuk bersikap sportif, selalu kerjasama, jujur, fairplay, inovatif dan lebih kreatif agar selepas event ini nilai-nilai tersebut bisa terus terbawa dan selalu menjadi pedoman kita semua dalam melakukan berbagai aktifitas dalam masyarakat.

 

        

 

 

       Maka pesan saya kepada atlet semua agar nanti bisa bertanding dengan fairplay, penuh kesungguhan dan pantang menyerah. Saatnya melihat hasil latihanmu, jika kemarin kamu sungguh-sungguh dalam berlatih maka saya yakin kamu akan berprestasi.

 

Saya juga ingin para atlet melihat lawanmu sebagai teman untuk berkompetisi, jangan ciptakan permusuhan dalam arti yang negatif, jangan ada keinginan untuk menciderai lawan. inilah semangat yang harus terus kita bangun bersama. Jangan terlalu bangga jika menang dan jangan terlalu sedih jika mengalami kegagalan.

 

Kepada jajaran pengadil (wasit) saya minta untuk jujur, adil dan tidak berpihak. Jangan takut untuk mengambil keputusan jika itu benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

       Kegiatan ini sangat positif, sebagai salah satu bentuk ekspose hasil produk unggulan Provinsi Jawa Tengah  dan Jawa Barat khususnya Kabupaten dan Kota “Kunci Bersama” dalam rangka membuka peluang pasar. Oleh karena itu, jadikan Gelar Produk unggulan ini sebagai ajang untuk saling bertukar informasi, berbagi pengalaman, serta memperluas jaringan untuk mengembangkan usaha dan jalin kemitraan antara sesama pelaku usaha guna mendistribusikan produk-produk unggulan dari Provinsi Jawa Tengah  dan Jawa Barat khususnya Kabupaten dan Kota “Kunci Bersama”.

        Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

       Dalam setiap kesempatan, saya selalu menyampaikan bahwa promosi merupakan hal yang sangat penting dalam upaya penjualan produk, karena dengan promosi konsumen akan mengenal produk kita. Kalau sudah mengenal diharapkan berminat mencoba, kalau sudah mencoba jadi tahu kalau produk tersebut bagus. Jika sudah demikian, harapannya bisa konsisten menggunakan produk yang dipromosikan. Bahkan produk yang biasa-biasa saja, omzetnya bisa luar biasa kalau promosinya keren. Sebaliknya, meskipun produknya berkualitas prima, kalau promosinya kurang greget, omzetnya bisa mlempem.

       Maka, saya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Harapan saya, kegiatan ini mampu memberikan nilai tambah yang riil, antara lain: peningkatan omzet maupun terbentuknya sinergi antar peserta pameran sehingga terjalin kerjasama pemasaran yang maksimal. Peserta pameran produk unggulan ini juga harus jeli dalam menangkap peluang pasar yang ada, tidak hanya pengunjung yang ada disini tetapi Provinsi Jawa Tengan dan Jawa Barat. Manfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk promosi yang semakin berkualitas.

       Undangan dan hadirin yang berbahagia;

 

 

       Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Selanjutnya dengan memohon ridho Allah SWT, seraya mengucap Bismillahhirrohmannirrohim, Pekan Olahraga Dan Seni Antar Daerah Perbatasan (PORSENITAS) “Kunci Ber-sama” Dan Pameran Produk Unggulan  Daerah Tahun 2019, secara resmi saya buka dan mulai. Semoga even ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Sekian dan terima kasih atas kebersamaan kita. Selamat Bertanding. Junjung Tinggi Sportifitas.

 

 

Wabillahi taufiq wal hidayah,

 

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

                                                                                                                                                                                                                                                                GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                            H. GANJAR PRANOWO, SH., M.IP