SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

OPENING LIGA HIZBUL WATHON 1

PURWOKERTO, 30 NOVEMBER 2019

 

Assalamu’alaikumWr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Salam Olahraga.

 

 

Yang saya hormati, Ketua Panitia Penyelenggara Liga Hizbul Wathon;

Peserta liga hizbul wathon yang saya banggakan;

 

       Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT. Atas rahmat dan karunia-NYA, alhamdulillah kita dapat berkumpul bersama dalam acara Pembukaan Liga Hizbul Wathon 1 di Purwokerto.

Hadirin dan Para Santri yang berbahagia;

Sungguh, saya merasa bahagia. Bersama-sama Para Santri, berkesempatan mengingat, meneruskan dan mewariskan nilai-nilai per-juangan kyai dan santri dalam menetapkan tonggak resolusi jihad untuk memperjuangkan, mempertahankan kemerdekaan, dan menjaga keutuhan NKRI, melalui Liga Hizbul Wathon ini.

       Saya berharap, gempita Liga ini menjadi napak tilas perjuangan Para Santri pendahulu kita saat meletakkan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat itu, dengan segala daya dan kesungguhan, para santri berjuang di medan pertempuran merebut kemedekaan. Sambil menegakkan akidah Islam, keringat, darah, air mata, asa, dan nyawa santri tercecer di bumi Nusantara.

       Dari Liga Hizbul Wathon 2019 ini, saya ingin di dada para santri ada spirit memunculkan teladan yang baik kepada masyarakat. Bahwa melalui sepakbola, santri juga dapat berdakwah bagaimana cara berjuang, meraih medali secara sportif, menang tanpa ngasorake. Melalui Liga Santri kita kokohkan semangat persaudaraan antar santri dan pesantren, kita memantapkan nilai-nilai sportifitas dan kejujuran dalam banyak hal.

       Lebih dari itu, melalui liga Hizbul Wathon tahun 2019 ini kita harapkan semakin banyak lagi lahir pesebak bola muda handal berbakat yang akan mampu membela timnas di berbagai kelompok usia dan berprestasi di tingkat internasional.

       Atas gesekan yang terjadi antarsuporter baru-baru ini diberbagai Liga Indonesia, saya menghimbau kepada para santri, yang khususnya mencintai sepak bola, janganlah kalian mudah terprovokasi. Benar-benar pegang teguh ajaran Islam yang di dapat dari ponpes, tunjukkanyen ning dadane santri kebak welas asih, teteg atine, ora gampang di ojok-ojoki ajakan sing ala, orang rusak fasilitas umum, apamaneh ngrugikake marang wong liyan.

       Kita semua, para pecinta sepak bola, ingin kompetisi sepak bola di tanah air dapat bergulir untuk menghasilkan prestasi, melahirkan pesepak bola hebat dan sekaligus menghibur masyarakat. Orang datang ke stadion dengan atributnya masing-masing sesuai tim yang didukung dan saling menghargai satu sama lain. Mereka tertawa, bertepuk tangan, memberikan semangat dan motivasi bagi timnya masing-masing dengan cara-cara yang asik.

       Alhamdulillah, Liga ini telah memberikan contoh bagaimana menggulirkan roda kompetisi yang baik. Tim yang berlaga mampu menjunjung sportifitas tinggi, termasuk penonton selalu siap memberikan dukungan dengan sangat dewasa. Menang menjadi kebanggaan, namun kalau timnya kalah juga dapat menerima dengan lapang dada.  Ini yang mesti kita apresiasi bersama dari di gulirkannya Liga Hizbul Wathon. Kita dorong SDM pesantren dapat makin memberi warna bagi bangsa diberbagai sektor, tak terkecuali di cabang olahraga sepak bola.

Hadirin dan Para Santri yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Selanjutnya, dengan mengucap Alhamdulillahhirobbilalamin, Liga Hizbul Wathon 1 Tahun 2019, Purwokerto, secara resmi saya buka dan mulai. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memudahkan dan melancarkan usaha kita memajukan olahraga Nasional. Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

                  GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

     H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP