ATUR PANGANDIKAN

SEKRETARIS DAERAH PROVINSI

JAWI TENGAH

MINANGKA PEMBINA I

DEWAN PIMPINAN DAERAH

GABUNGAN ORGANISASI PENDIDIKAN

TAMAN KANAK-KANAK INDONESIA

(DPD GOPTKI) JAWI TENGAH

ING ADICARA

PAMBUKA PEWIYATAN

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) INKLUSI

KAGEM GURU/PANGARSA TAMAN KANAK-KANAK (TK) NON NOMOR INDUK PEGAWAI (NIP)

SE JAWI TENGAH WARSA 2019

SEMARANG, 28 NOVEMBER 2019

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kasugengan saha karaharjan mugi dhu-mantuk kita sedaya;

Om Swastiyastu, Nammo Buddhaya;

Salam Kebajiikan, Salom, Rahayu;

Saha kula aturaken sugeng enjang.

 

Ingkang kula urmati Pangarsa Dinas Pendidikan Provinsi Jawi Tengah, minangka Pembina II DPD GOPTKI Jawi Tengah;

Pangarsa Ketua Umum Pengurus Ikatan Guru Ta-man Kanak-Kanak Indonesia – Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Provinsi Jawi Tengah;

Pangarsa Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Provinsi Jawi Tengah;

Pangarsa Gabungan Organisasi Pendidikan Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Jawi Tengah;

 

       

          Para Rawuh ingkang winantu ing suka basuki;

        

        Kairing raos syukur Alhamdulillah dhumateng Gusti Ingkang Murbeng Dumadi, ing Dinten Res-pati punika, panjenengan lan kula saged pepang-gihan ing Hotel Faustin Semarang, hangestren ”Pambuka Pawiyatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusi Kagem Guru/Pangarsa Taman Kanak-Kanak (TK) Non Nomor Induk Pegawai (NIP) se Jawi Tengah Warsa 2019”. Punika sanget anggenipun sae, amargi nggam-blangaken Gabungan Organisasi Pendidikan Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Jawi Tengah peduli dhumateng lare-lare difabel.

       Kula aturaken kados mekaten amargi, andap-ipun gunggung lare-lare difabel ingkang sekolah ing Taman Kanak-Kanak (TK), antawisipun lantaran layanan ugi prabot/fasilitas kagem dolanan lare-lare difabel kalebet kirang. Umpami wonten lare difabel ingkang mlebet TK, punika lantaran kiatipun ke-sengkuyungan saking kulawarga. Padahal lare-lare difabel ugi gadah potensi kagem dolanan saha sinau. Namung mekaten dereng sedaya TK ka-gungan tanggel jawab paring fasilitas dumateng lare-lare difabel.

       Oh inggih bapak saha ibu, kados ingkang panjenengan lan kula mangertosi sedaya, Pemprov Jateng mrayogiaken wawan pangandikan ing dinten Respati/Kemis ngagem Basa Jawi, kagem sarana nguri-uri supados tansah lestari. Namung mekaten kagem gampilipun atur saha panampi, nyuwun palilah sak lajengipun kula bade ngginaaken basa Indonesia. Mugi mboten damel kuciwa ing manah.

       Terkait rendahnya partisipasi anak-anak difabel dalam pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), antara lain disebabkan belum tersedianya layanan dan fasilitas pendukung bermain bagi anak-anak difabel.  Kalaupun ada anak difabel yang masuk dan menyelesaikan pen-didikan TK, hal tersebut antara lain karena kuatnya dukungan keluarga baik moril maupun materiil. Padahal anak-anak difabel juga memiliki potensi bahkan kemampuan untuk bermain dan belajar  di sekolah, termasuk TK. Hanya saja belum semua TK memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi anak-anak difabel.

       Di sinilah semua pihak, baik pemerintah mau-pun lembaga pendidikan lengkap dengan penge-lolanya, paham dan sadar akan pentingnya menjadikan lembaga pendidikan termasuk TK sebagai lingkungan yang lebih ramah kepada difabel. Satu hal yang perlu saya ingatkan, menjadi penyandang disabilitas bukanlah pilihan. Hal itu merupakan fakta yang harus diterima dan dijalani. Maka di sinilah kita harus menumbuhkan empati dan semangat saling membantu serta memahami disabilitas. Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa dan masyarakat, dapat diukur antara lain dari bagaimana bangsa dan masyarakat tersebut memperlakukan penyandang disabilitas. Sebelum mendidik dan mengubah masyarakat, maka terlebih dulu kita harus mendidik dan mengubah diri sendiri.

       Oleh karena itu, sumangga kepada para pe-serta kegiatan ini hendaknya berusaha mengikuti dengan seksama. Silahkan bertanya kalau kurang paham, supaya panjenengan semua dapat mene-rapkannya di TK masing-masing. Maka kalau perlu silahkan minta nomor handphone (hp) narasumber (nasum), sehingga apabila dalam perjalanan mengalami kesulitan, bisa konsultasi dan menerima penjelasan.

 

        Bapak dan Ibu yang saya hormati;

       Mengakhiri sambutan ini saya berharap pan-jenengan semua mampu menjadikan GOPTKI dengan lingkungan pendidikan TK yang ramah bagi penyandang disabilitas. Dengan demikian GOPTKI berperan penting memberikan perubahan dan me-lahirkan masa depan penyandang disabilitas yang lebih berkualitas.

       Itu saja yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini. Selanjutnya dengan mengucap bismillaahirrohmaanirrohiim, “Diklat Inklusi bagi Guru/Kepala TK Non NIP se Jawa Tengah Tahun 2019”, secara resmi saya nyatakan DIBUKA dan DIMULAI.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi usaha luhur kita.

         Wabillahitaufik wal hidayah

         Wassalamu’alaikum Wr. Wb,

           Om Shanti-Shanti-Shanti Om,

           Nammo Buddhaya, Salam Kebajikan,

           Rahayu, Salom.

 

Pj. SEKRETARIS DAERAH PROVINSI

JAWA TENGAH

SELAKU PEMBINA I

DPD GOPTKI JAWA TENGAH

 

 

 

 

HERRU SETIADHIE, SH, M.Si