ATUR PANGANDIKAN

GUBERNUR JAWI TENGAH

ING ADICARA

NGERESMIKAKEN

PABRIK ANYAR PT. KELOLA AGRO MAKMUR

TEMANGGUNG, 28 NOVEMBER 2019

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kasugengan saha karaharjan mugi dhu-mantuk kita sedaya;

Saha kula aturaken sugeng enjang.

Ingkang kula urmati Bupati Temanggung;

Direktur PT. Kelola Agro Makmur Temanggung, kalebet para Business Partner, Buyer saking Jepang, Amerika saha Walandi;

Para Petani Binaan;

       Para Rawuh ingkang minulyo;

Puji syukur konjuk dumateng Allah SWT, Alhamdulillah ing dinten punika kito sedoyo taksih dipun paringi nikmat saha kalodangan wekdal, sahengga panjenengan lan kula saged pepang-gihan ing Ngabeyan, Nguwet, Kec. Kranggan, Kabupaten Temanggung, hangestreni adicara “Ngeresmikaken Pabrik Anyar PT. Kelola Agro Makmur”.

Profil ingkang kula bikak saking media online, pabrik ingkang wiyaripun panggenan 16.473 m2, lajeng wiyar bangunan 9.569 m2, kanthi gunggung tenaga karya 254. Lajeng kasilipun dele Jepang 9.500 ton/thn, sayuran beku 2.500 ton/thn, buah-buahan beku 1.200 ton/thn, tahu 500 ton/thn, tempe 500 ton/thn, jamur kuping 250 ton/thn, jamur lain 1.000 ton/thn, bumbu 350 ton/thn, minuman ringan 300 ton/ thn. Niki jos banget. Pabrikipun ageng lan produk ingkang dihasilipun ugi katah sanget. Menika sae lan positif kagem sektor industri pertanian lan tanaman pangan Jawi Tengah.

Oh inggih  Bapak, Ibu lan para rawuh sedaya, prelu kulo aturaken bilih yektosipun, saben dinten Kemis, jajaran Pamarintah Provinsi Jawi Tengah dipun prayogakaken ngginaaken Basa Jawi saklebetipun wawan pengandikan ing papan makaryo. Nanging amargi ingkang rawuh mboten sedaya saking Jawi, lan punapa ingkang kulo aturaken kedah saged dipun mangertosi kanthi sae, pramilo saklajengipun kulo badhe matur ngginaaken Basa Indonesia.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya juga mengucapkan selamat kepada PT.  Kelola Agro Makmur atas pabrik barunya. Semoga dengan diresmikannya pabrik baru ini akan semakin memberikan kebermanfaatan, tidak hanya untuk kemajuan pabrik, tetapi juga untuk kemajuan Jawa Tengah.

Tak lupa saya sampaikan “terima kasih” telah memilih Jawa Tengah sebagai tempat untuk mem-bangun pabrik dan mengembangkan industri pengolahan hasil pertaniannya. Mudah-mudahan semakin memajukan Jateng dalam hal pengolahan hasil pertanian. Apalagi salah satu pengolahannya adalah kedele Jepang yang saat ini banyak diminati masyarakat.

Maka saya berharap ke depan, akan semakin banyak masyarakat yang diajari tentang cara menanam, untuk kemudian juiga disetor ke pabrik. Dengan demikian masyarakat setempat semakin sejahtera.

Dalam hal ini Pemprov Jateng akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para investor yang membangun usahanya di Jateng. Dengan demikian nilai investasi yang masuk di Jateng bergerak naik. Kepercayaan para investor untuk berinvestasi membuka usaha di Jawa Tengah tersebut merupakan hal yang positif bagi iklim investasi Jawa Tengah. Nilai investasi yang besar juga menjadi bukti bahwa Jateng itu daerah yang ramah dan menguntungkan untuk investasi. Hal tersebut juga merupakan sinyal apresiasi yang diberikan dunia usaha kepada Jateng.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengambil langkah-langkah untuk terus merawat iklim investasi agar lebih kondusif. Kami telah menginstruksikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Jateng untuk melakukan peninjauan kembali RTRW agar kebutuhan ruang untuk industri tersedia. Selain itu, Pemprov Jateng juga terus melakukan pembenahan kelembagaan pelayanan publik terutama pelayanan perizinan. Kami membuat manajemen pelayanan perizinan dengan prosedur yang lebih sederhana, persyaratannya lebih mudah serta waktunya semakin cepat. Pemprov Jateng juta terus meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur penunjang investasi. Pembangunan jalan, jembatan dan revitalisasi Pelabuhan Tanjung Emas terus kami lakukan.

Di bidang pendidikan, kami juga mem-fokuskan untuk pendidikan vokasi sebagai upaya kami untuk menyediakan tenaga kerja yang ver-kualitas bagi sektor industri. Terpenting, dukungan masyarakat Jawa Tengah terhadap kehadiran investasi juga adalah hal utama, khususnya dalam menjaga keamanan dan kondusifitas daerah. Ma-syarakat Jateng sangat welcome terhadap investasi karena mereka tahu, dengan hadirnya investasi di Jateng dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Maka situasi yang kondusif ini harus kita rawat bersama.

Oleh karena itu, sekali lagi lagi saya titip pesan kepada PT. Kelola Agro Makmur untuk mem-berdayakan masyarakat sekitar pabrik. Demikian pula program CSR harus diarahkan untuk kese-jahteraan masyarakat sekitar pabrik, tentunya de-ngan mengikuti semua peraturan yang telah di-tetapkan pemerintah.

Yang perlu juga saya sampaikan, berikan hak pekerja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kemudian jangan pernah lupa untuk selalu memperhatikan kelestarian ling-kungan, khususnya terkait dengan limbah pabrik. Dan ingat, bayarlah pajak sesuai aturan yang berlaku. 

Demikian yang saya sampaikan pada kesem-patan ini. Sekali lagi selamat atas diresmikannya PT.  Kelola Agro Makmur. Semoga semakin maju dan terus memberikan dapak bagi kemajuan Jawa Tengah.

Wabillahitaufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP