SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

TASYAKURAN PENGUKUHAN Prof. Dr. SUPANDI S.H., M.Hum SEBAGAI GURU BESAR DOSEN TIDAK TETAP PADA FAKULTAS HUKUM UNDIP

SEMARANG, 29 NOVEMBER 2019

         

          Assalamu’alaikum Wr.Wb.

          Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati, Rektor, Dekan Fakultas Hukum UNDIP;

Prof. Dr. SUPANDI S.H., M.Hum, Tamu Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas bekah, rahmat, dan kesempatan, alhamdulillah hari ini kita dapat bersama-sama hadir bersilaturahmi dengan saudara semua pada acara Tasyakuran Pengukuhan Prof. Dr. Supandi S.H., M.Hum Sebagai Guru Besar Dosen Tidak Tetap Pada Fakultas Hukum Undip

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya ucapkan selamat kepada Prof. Dr. SUPANDI S.H., M.Hum, yang telah dikukuhkan menjadi Sebagai Guru Besar Dosen Tidak Tetap Pada Fakultas Hukum UNDIP. Dengan dilakukannya pengukuhan ini saya berharap Fakultas Hukum Undip tambah maju dan semakin baik lagi dalam rangka mencetak SDM handal dan berkualitas di bidang hukum. Ini penting, mengingat SDM yang berkualitas inilah yang nantinya menjadi tumpuan kita untuk memajukan hukum di Indonesia.

Bapak-Ibu, Fungsi utama hukum adalah sebagai regulasi atau alat pengatur. Negara kita berdasarkan atas hukum, jadi hukum menjadi piranti untuk mengatur  negara. Di dalam hukum ada aturan, batasan, larangan dan sanksi. Dalam perkembangannya hukum ini harus terus di-upgrade, dalam arti terus disempurnakan agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan kehidupan masyarakat.

Hukum kita yang diadopsi dari kitab hukum Belanda, sekarang harus banyak disempurnakan. Katakanlah dahulu belum ada aturan mengenai informasi dan transaksi elektronik, namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan reaksi positif masyarakat hukum, maka produk hukum terkait Informasi dan transaksi elektronik sekarang sudah ada. Hal ini tentu menjadi catatan positif bidang hukum di Indonesia.

Namun, perkembangan wibawa hukum saat ini memang dipertaruhkan. Saya prihatin dengan beberapa kasus yang terjadi, terutama yang melibatkan para penegak hukum, apalagi kasus yang seringkali terjadi yaitu tindak pidana korupsi. Inilah permasalahan hukum yang ada serius saat ini. Penegakan hukum tidak berfungsi optimal.

Oleh karena itulah, pada kesempatan yang baik ini saya titip kepada Bapak Prof. Dr. SUPANDI S.H., M.Hum, untuk terus memberikan sumbangsih ide dan pemikiran di bidang hukum dalam rangka membangun hukum yang semakin baik di Indonesia. Tularkan ilmu pengetahuan tentang hukum kepada para mahasiswa agar mereka menjadi ahli hukum terbaik yang memegang teguh kebenaran. Ajarkan Nilai-nilai kejujuran, integritas dan keadilan kepada anak didik agar mereka nanti menjadi menjadi ahli hukum /  aparat penegak hukum yang benar-benar menjunjung tinggi hukum demi tegaknya rasa keadilan di bumi pertiwi.

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat saya ucapkan selamat kepada Prof. Dr. SUPANDI S.H., M.Hum. mari kita bekerja bersama membangun Indonesia yang berkeadilan.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

       Wabillahitaufik wal hidayah,

          Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

                         GUBERNUR JAWA TENGAH

 

     H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP