SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA

MUSYAWARAH DAERAH (MUSDA) III

PERSATUAN PURNAWIRAWAN TNI

ANGKATAN DARAT (PPAD)

PROVINSI JAWA TENGAH

SEMARANG, 27 NOVEMBER 2019

 

       Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua dan saya ucapkan selamat pagi.

 

Yang saya hormati Pangdam IV/Diponegoro;

Ketua dan Pengurus Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Provinsi Jawa Tengah;

Panitia dan Peserta Musda III PPAD Jateng;

 

       Hadirin yang saya banggakan;

 

        Teriring rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas nikmat sehat dan kesempatannya kita dapat hadir di Aula Makodam IV/Diponegoro, menyertai, “Musyawarah Daerah (Musda) III Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Provinsi Jawi Tengah”. Meng-awali sambutan ini, saya menyampaikan apresiasi, salut dan bangga pada organisasi ini, yang menunjukkan semangat kejuangan luar biasa. Tak luntur ditelan umur, tak lekang di segala jaman. Saya berharap, semangat makantar-kantar tersebut hendaknya diwariskan kepada generasi muda bangsa di tengah semakin apatisnya anak-anak muda pada pembangunan bangsa.

 

        Oleh karena itu, pada Musda ini hendaknya juga memasukkan para purnawirawan muda, dalam arti yang pensiunnya baru-baru saja. De-ngan demikian ada kolaborasi usia dan penga-laman antara purnawirawan. Harapannya, bisa saling mengisi dalam menentukan peran aktif PPAD Provinsi Jawa Tengah 5 (lima) tahun ke depan.

 

       Terkait hal tersebut, maka di sinilah perlu kecermatan dalam menyusun kegiatan dan pro-gram kerja ke depan, selaras dengan perkem-bangan jaman dan visi misi Jawa Tengah. Saya sampaikan karena masih banyak persoalan pem-bangunan yang kita hadapi. Salah satunya sema-kin menipisnya karakter dan kepribadian sebagian dari anak-anak muda. Termasuk kekurangpeduli-annya kepada lingkungan. Apalagi masih ada masalah yang juga perlu diselesaikan, seperti ke-miskinan, pengangguran, dan lain-lainnya. Penye-lesaiannya tidak bisa hanya tergantung pada kerja pemerintah saja, melainkan perlu keber-samaan dan gotong royong seluruh elemen masyarakat.

 

       Oleh karena itulah, para purnawirawan yang tergabung dalam PPAD Provinsi Jawa Tengah ini hendaknya tak henti memberi solusi. Salah satunya senantiasa menginternalisasi semangat serta nilai-nilai kebangsaan dan penguatan bela Negara kepada generasi muda bangsa. Terlebih isu dan aksi radikalisme kadang masih saja mencuat. Demikian pula kebhinnekaan bangsa ini, juga menjadi sasaran empuk untuk mengang-kat isu-isu primordial di masyarakat, termasuk issue sensitif yang menyentuh SARA.

 

       Saya titip agar program ke depan hendak-nya ditujukan untuk menguatkan pembangunan karakter bela Negara di semua komponen bangsa. Itu penting, supaya seluruh penghuni negeri ini menjadi manusia yang memiliki kepedulian serta tanggung jawab sebagai warga Negara dalam pengembangan kehidupan berma-syarakat, berbangsa, bernegara dan menopang perkembangan perkembangan peradaban dunia. Sumangga kemawon panjenengan sedaya ang-genipun nggulawentah program dan kegiatan. Satu kata kunci, itu semua demi kokoh tegaknya NKRI.

 

       Saya percaya semua itu tidak menjadi beban bagi PPAD, melainkan menjadi lecutan di masa purna tugas. Untuk itu, dayagunakan Musda ini dengan sebaik-baiknya. Pilihlah pengurus yang mau aktif meski rambut telah memutih. Demikian pula program kerjanya hendaknya yang aplikatif. Dengan demikian keaktifan itu sepanjang hayat. Saat muda penuh karya, masa tua pun semakin berguna.

 

Bapak Ibu yang saya banggakan;

 

Mengakhiri sambutan ini, kepada Pengurus PPAD Provinsi Jawa Tengah Masa Bhakti 2014-2019, kami sampaikan “terima kasih” atas kinerja dan masa bhaktinya. Dan meski tak lagi menjadi pengurus, sumangga saling nyengkuyung mengisi pembangunan guna mewujudkan kedaulatan dan kemandirian NKRI. Termasuk anggenipun sesa-rengan menjaga kondusivitas kehidupan masya-rakat. Kepada yang nanti terpilih jadi pengurus, semoga amanah dan barokah. Sumangga sesa-rengan membangun negeri.

       Demikian yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan, bimbingan dan meridhoi usaha luhur kita.

       Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

       Wabillahi taufik wal hidayah

       Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

                                                GUBERNUR  JAWA TENGAH

 

 

                                                        H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP