SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

KUNJUNGAN PUTRI MAHKOTA KERAJAAN DENMARK

MAGELANG, 3 DESEMBER 2019

 

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua;

Yang saya hormati, Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Yang Mulia Mary Elizabeth;

Rombongan Kerajaan Denmark;

Jajaran Kabinet Kerja Republik Indonesia;

Undangan dan hadirin yang berbahagia;

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan nikmat sehat dan kesempatan sehingga kita semua dapat hadir dan bersilaturahmi dengan Kerajaan Denmark. Selamat Datang kepada Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Yang Mulia Mary Elizabeth yang telah berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya di Komplek Candi Borobudur ini dalam rangka merayakan hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Denmark.

Mumpung di sini ada Putri Mahkota Kerajaan Denmark, saya atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah ingin mengucapkan terima kasih  dan bersyukur atas kerjasama yang terjalin selama ini. Jawa Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang telah lama menjalin kerjasama dengan Kerajaan Denmark. Ada beberapa proyek yang kita kerjasamakan salah satunya adalah The Environmental Support Programme Phase (ESP3). Ini merupakan program dukungan lingkungan dan bergerak di bidang teknologi pengolahan limbah dan energi terbarukan. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi transformasi bertahap menuju ekonomi ramah lingkungan.

Di Jawa Tengah ESP3 melaksanan proyek percontohan, meliputi:

1.  Pembangunan PLTS Kepulauan Karimun Jawa Kabupaten Jepara.

2.  Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Metana TPA Jatibarang Kota Semarang.

3.  Pembangunan Instalasi Pengolah Limbah Tepung Aren Kab Klaten.

4.  Pembangunan Fasilitas Refused Derived Fuel TPA Tritih Lor Kab Cilacap.

Berbagai proyek tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan Jawa Tengah, khususnya sebagai solusi atas penanganan limbah dan sampah. Saya berharap, kedepan kerjasama ini bisa terus dilakukan dan skalanya semakin besar dan luas. Kami berharap kerjasama yang kita lakukan dapat berlanjut menjadi business to business, sehingga memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Jawa Tengah.

Saya juga ingin menyampaikan bahwa Jawa Tengah ini memiliki potensi sumber energi alternatif yang sangat banyak. Ada energi panas bumi, gelombang laut, energi matahari, angin dll. Saya harap Pemerintah Denmark bisa membantu kami dalam alih teknologi terhadap pemanfaatan energi baru dan terbarukan ini.

Bapak-Ibu, Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Mari kita rayakan kerjasama kedua negara ini dengan bahagia dan semangat kekeluargan. Semoga dari pertemuan ini akan banyak kesepakatan yang terjalin untuk kemajuan Indonesia dan Denmark.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

        Wabilahittaufiq wal hidayah,

Wassalamulaikum Wr.Wb.

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

H. GANJAR PRANOWO, SH. M.IP