SAMBUTAN

WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

KUNJUNGAN KERJA KE KAWASAN INDUSTRI JABABEKA

BEKASI, 3 DESEMBER 2019

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat Pagi dan salam sejahtera untuk kita semua;

Yang saya hormati Direktur Jababeka Tbk;

Direktur PT. Jababeka Infrastruktur;

Direktur Cikarang Dry Port;

GM PT. Jababeka Infrastruktur;

Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah, pagi ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersama-sama bersilaturahmi dan berdiskusi bersama Rekan-rekan dari Kawasan Industri Jababeka.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya mengucapkan terima kasih telah diterima dan disambut dengan sangat baik di sini. Kami ke sini untuk bertukar pengalaman dan belajar tentang pembangunan Kawasan Industri Jababeka ini. seperti kita tahu, Jababeka adalah salah satu Kawasan Industri Pionir di Indonesia, jadi tentu punya pengalaman yang patut kita jadikan contoh.   

Di sini kami ingin mengetahui tentang konsep pengembangan Kawasan Industri Jababeka, fasilitas pendukung yang disediakan oleh Kawasan Industri Jababeka serta memperoleh best practice yang dapat dikembangkan untuk Kawasan Industri di Jawa Tengah.

Bapak-Ibu, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi Jateng yang semakin tinggi, kami mempunyai program prioritas Pengembangan Kawasan Industri Kendal, dan Pengembangan Kawasan Industri (KI) Brebes. Dalam rangka mensinergikan pengembangan kawasan industri di Jawa Tengah kami juga ingin melakukan penyebaran investasi di seluruh Kabupaten/Kota di  Provinsi Jawa Tengah.

Sektor industri selalu memegang peranan penting dalam perekonomian negara, terutama sebagai penggerak dan pendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itulah kami terus bergerak untuk meningkatkan sektor industri Jawa Tengah.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengambil langkah-langkah untuk terus merawat iklim investasi agar lebih kondusif. Kami telah menginstruksikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Jateng untuk melakukan peninjauan kembali RTRW agar kebutuhan ruang untuk industri tersedia. Selain itu, Pemprov Jateng juga terus melakukan pembenahan kelembagaan pelayanan publik terutama pelayanan perizinan. Kami membuat manajemen pelayanan perizinan dengan prosedur yang lebih sederhana, persyaratannya lebih mudah serta waktunya semakin cepat. Pemprov Jateng pun terus meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur penunjang investasi. Pembangunan jalan, jembatan dan revitalisasi Pelabuhan Tanjung Emas terus kami lakukan.

Di bidang pendidikan, kami juga mem-fokuskan untuk pendidikan vokasi sebagai upaya kami untuk menyediakan tenaga kerja yang berkualitas bagi sektor industri. Terpenting, dukungan masyarakat Jawa Tengah terhadap kehadiran investasi juga adalah hal utama, khususnya dalam menjaga keamanan dan kondusifitas daerah. Masyarakat Jateng sangat welcome terhadap investasi karena mereka tahu, dengan hadirnya investasi di Jateng dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Dari waktu ke waktu, nilai investasi yang masuk di Jateng bergerak naik. Kepercayaan para investor untuk berinvestasi membuka usaha di Jawa Tengah tersebut merupakan hal yang positif bagi iklim investasi Jawa Tengah. Nilai investasi yang besar juga menjadi bukti bahwa Jateng itu daerah yang ramah dan menguntungkan untuk investasi. Hal tersebut juga merupakan sinyal apresiasi yang diberikan dunia usaha kepada Jateng.

Tapi itu tentu tidak cukup membuat kami berpuas diri. Berbagai upayan memajukan sektor industri Jateng akan terus kita gas pol. Maka saya berharap forum ini nanti mampu memberikan output yang inovatif dan kreatif terkait dengan pembangunan kawasan industri sehingga mampu mearik lebih banyak investor untuk datang ke Jawa Tengah.

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah SWT, memberikan kemudahan kepada kita dalam membangun Sektor Industri Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

   H. TAJ YASIN