SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA  

RAKORWASDA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019 DAN PENGUKUHAN DEWAN PENGURUS WILAYAH ASOSIASI AUDITOR INTERN PEMERINTAH INDONESIA (AAIPI) JAWA TENGAH

MAGELANG, 4 DESEMBER 2019

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati Bapak Wakil Gubernur Jawa Tengah;

Bupati dan Walikota Se-Jawa Tengah;

Para Narasumber dari Kemendagri,  Ombudsman, Polda Jateng;

Inspektur Provinsi dan Kabupaten / Kota Se-Jawa Tengah;

Peserta Rakor, Undangan dan hadirin yang berbahagia;

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersama-sama hadir dalam acara Rakorwasda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 Dan Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Jawa Tengah.

Rakor ini saya nilai penting dan sangat strategis sebagai salah satu bentuk komitmen serta upaya kita dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. Forum ini menjadi salah satu nawaitu kita untuk terus menggulirkan roda reformasi birokrasi di Provinsi Jawa Tengah.

Bapak-Ibu, dalam proses reformasi birokrasi yang terus bergulir ini, fungsi Pengawasan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sangat penting dalam menjamin penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif dan efisien guna mencapai kesejahteraan masyarakat dengan cara menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah (APBD) dan mewujudkan pemerintahan yang melayani.

APIP harus berperan pada siklus anggaran dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban. Pada beberapa kasus, penyimpangan (fraud) telah direncanakan sejak proses perencanaan melalui perencanaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan, dan penggelembungan anggaran. Modus penyimpangan tersebut sebenarnya dapat terdeteksi lebih awal apabila APIP dilibatkan dengan melakukan review atas RKA-SKPD. APIP mendorong SKPD meningkatkan kualitas perencanaan dengan memedomani standar biaya dan standar pelayanan yang jelas, dan mengawal sinkronisasi perencanaan dan sasaran pem-bangunan daerah dengan nasional.

Pada tahapan pelaksanaan anggaran, berbagai modus penyimpangan seperti ketidak-sesuaian antara kontrak dengan volume pekerjaan, adanya pekerjaan fiktif, pembayaran yang tidak sesuai atau adanya gratifikasi/korupsi, harus dapat dideteksi oleh APIP. APIP secara periodik harus melakukan proses pemantauan atas kinerja pelaksanaan anggaran SKPD. Untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik, APIP juga harus terus bergerak memberantas pungli.

Pada tahap pertanggungjawaban, APIP juga harus turut mengawal proses pertanggung-jawaban anggaran sebagai quality assurance atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan melakukan review. APIP berperan sebagai consulting saat masuknya aparat pemeriksa, termasuk juga mengawal tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Kemudian, Fungsi APIP yang kedua adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang melayani, yaitu dengan cara memberikan nilai tambah pada instansi pemerintah. Adapun beberapa aktivitas bernilai tambah yang dapat diberikan APIP, antara lain:

1. Aktivitas penjaminan

Aktivitas penjaminan yang dilakukan APIP yang dapat memberikan nilai tambah bagi entitas pemerintah berupa pelaksanaan metodologi audit kinerja atas kegiatan-kegiatan utama organisasi pemerintah dengan baik. Tujuan dilaksanakannya audit kinerja adalah untuk menilai pelaksanaan kegiatan dan memberikan saran-saran perbaikan yang berhubungan dengan aspek efisiensi dan efektivitas kegiatan-kegiatan utama yang telah dilaksanakan.

2. Aktivitas konsultasi

Dalam aktivitas konsultasi, APIP harus menjadi katalis perubahan untuk membantu manajemen organisasi pemerintah meningkatkan kualitas proses-proses yang dilakukan. APIP harus memberikan saran dan masukan kepada manajemen dalam organisasi pemerintah tentang bagaimanakah cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas desain dan pelaksanaan proses-proses beserta pengendalian yang dilaksanakan di dalam proses-proses tersebut, untuk masa yang akan datang. Dengan demikian, organisasi pemerintah akan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi.

3. Aktivitas penilaian dan evaluasi risiko

APIP harus memberikan masukan kepada organisasi pemerintah tentang proses manajemen risiko yang dilaksanakan. Penilaian dan evaluasi risiko-risiko tersebut meliputi penilaian bagai-manakah efektivitas penanganan risiko yang dihadapi saat ini dan menilai bagaimana tingkat kesiapan organisasi pemerintah di dalam menghadapi risiko yang ditimbulkan akibat disrupsi. Di samping itu, APIP juga harus memberikan informasi kepada manajemen tentang identifikasi risiko-risiko apa saja yang dapat terjadi di masa mendatang (future risks identification), dengan mempertimbangkan berbagai perubahan yang dapat terjadi.

Sehingga APIP dapat memastikan bahwa instansi pemerintah mampu menyelaraskan cara dan proses kerjanya dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dunia usaha dan masyarakat yang menjadi stakeholders entitas pemerintah dan dapat memberikan pelayanan yang maksimal guna mewujudkan kesejahteraan masyarkat.

Tentu ini memerlukan keseriusan APIP Daerah untuk menyiapkan sumber daya dan kompetensi para auditornya. Bisa dilakukan lewat program internal APIP itu sendiri. Atau melalui wadah organisasi profesi APIP atau AAIPI agar dampaknya lebih masif.

Bapak-Ibu, demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Tak lupa saya sampaikan selamat kepada Dewan Pengurus AAIPI Wilayah Jawa Tengah yang dikukuhkan pada hari ini. Ke depan saya harapkan Bapak-Ibu sekalian bisa menjadi motor penggerak untuk membawa AAIPI semakin maju dan mendorong auditor APIP Daerah Jawa Tengah menjadi lebih profesional dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pemerintahan yang melayani.

Selanjutnya, dengan mengucap Bismillah-hirrohmannirrohim, Rakorwasda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 Dan Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Jawa Tengah, secara resmi saya buka dan dimulai. Semoga Allah SWT, meridhoi dan melancarkan usaha luhur kita membangun Jawa Tengah.

Sekian dan terima kasih atas kebersamaan ini.

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP