SAMBUTAN

WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

RAMAH TAMAH DAN BEDAH BUKU BERSAMA HABIB ALI ZAINAL ABIDIN BIN ABDURRAHMAN AL-JUFRI

  SEMARANG, 04 DESEMBER 2019

 

Bismillahirrohmaanirrohiim       

Assalamualaikum Wr.  Wb.

wassalatu wassalamu ‘ala ashrofil  anbiya i wal-mursalin, Sayyidina wa        habibina wa syafi’ina wa maulana         Muhammaddin, wa ‘ala alihi wa sahbihi ajma’in amma ba’du.

 

 

Yang saya hormati, Rektor Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang beserta jajaran Dekan, Dosen dan seluruh Karyawan;

Para Alim Ulama, Kyai dan Tokoh Agama, Wabil khusus Habib Ali Zainal Abidin Bin Abdurrahman Al-Jufri;

Adik-adik Mahasiswa;

Tamu undangan dan hadirin yang berbahagia;

Puji syukur alhamdulillah kita haturkan kehadirat Allah SWT. Malam ini kita masih dikaruniai nikmat sehat dan nikmat kesempatan, sehingga bersama-sama dapat menghadiri Ramah Tamah Dan Bedah Buku Bersama Habib Ali Zainal Abidin Bin Abdurrahman Al-Jufri dalam suasana penuh kebahagiaan.

Hadirin yang saya hormati;

Berbahagia sekali hari ini saya bisa berkesempatan menghadiri event ini. Tidak lupa saya ucapkan selamat datang di Jawa Tengah kepada Habib Ali Zainal Abidin Bin Abdurrahman Al-Jufri. Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi kegiatan positif ini dan Terima kasih yang sebesar-besarnya, Habib Ali Zainal Abidin Bin Abdurrahman Al-Jufri berkenan berkunjung ke Jawa Tengah dalam rangka Syiar Islam yang rahmatan lil alamin.

Saya berharap, kehadiran Habib Ali dapat membuka wawasan umat Islam Indonesia umumnya dan kalangan pemuda pada khususnya serta memberikan wawasan kepada umat Islam Indonesia juga kalangan akademisi khususnya tentang konsep moderasi Islam yang sesungguhnya, serta implikasi nyata terhadap perkembangan peradaban dan kedamaian dunia.

Selain itu, memberikan arahan bagi para dai, ulama, guru dan dosen agama tentang metode dakwah dan pengajaran yang dapat menjawab tantangan modernisasi dan globalisasi. Serta memberikan penjelasan tentang strategi, metode, dan teknik untuk menghadapi wacana radikalisme kanan dan kiri.

Penting bagi kaum muda dan para cendikiawan, harus mempunyai pandangan yang sama mengenai sebuah peradaban yang terjadi saat ini. Jangan hanya fokus kepada materi dari modernisasi, tapi kemudian melupakan isi apa yang diperlukan di tengah peradaban saat ini. Jangan sampai sudut pandang yang berbeda akan menjadi masalah. Salah satu dampak globalisasi yang dialami oleh dunia Islam adalah berkembangnya gerakan Islam trans-nasional yang ditengarai menjadi pemantik berkembang-nya radikalisme beragama.

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada para Alim Ulama, Kyai, Habib, adik-adik mahasiswa dan akademisi yang terus berperan aktif menjaga kedamaian, menjadi penyejuk umat dan seluruh masyarakat Jawa Tengah serta menyebarkan agama Islam yang rahmatan lil alamin : damai, ramah dan toleran. Islam sejati sebagaimana dituntunkan dalam Al-Quran dan Hadist Rasullulah SAW, yaitu Islam yang memberi rahmat bagi seluruh alam, penuh kedamaian, cinta kasih, toleransi dan saling menghargai perbedaan.

Hari ini saya merasa bangga dengan gelaran bedah buku bersama Habib Ali. Sekurangnya, meningkatkan minat baca tidak hanya di kalangan mahasiswa, namun juga masyarakat. Pun bakal menumbuhkan semangat literasi dikalangan civitas akademika UIN. Bedah buku masih relevan diangkat di tengah pusaran revolusi industri 4.0, karena memang saat ini minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, berdasarkan hasil riset yang dilakukan UNESCO.

Selain menumbuhkan minat baca khususnya kepada mahasiswa, bedah buku juga sekaligus sebagai wadah menginspirasi mahasiswa untuk menulis cerpen, buku maupun karya ilmiah lainnya. Selain bisa merangsang semangat literasi, bedah buku juga sebagai referensi dan wadah mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan menulis. Dengan semangatnya mahasiswa dalam membaca dan menulis, diharapkan dapat mendukung kemajuan Provinsi Jawa Tengah.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan meridloi usaha luhur kita.

Wabillahitaufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

                                                                                                                                                                                                                                         WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                     H. TAJ YASIN