SAMBUTAN

SEKRETARIS DAERAH PROVINSI

JAWA TENGAH

PADA

PEMBUKAAN RAPAT ANGGOTA

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN PENDAPATAN & BELANJA (RKAPB) KOPERASI KPRI BHAKTI PRAJA

SEMARANG, 4 DESEMBER 2019

 

Asssalamu’ alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati, Segenap Pengurus dan Anggota Koperasi KPRI Bhakti Praja;

Tamu Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

 

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah kita dapat hadir menyertai Pembukaan Rapat Anggota Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan & Belanja (RKAPB) Koperasi KPRI Bhakti Praja.

Bagi sebuah Koperasi, Rapat Anggota adalah ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. Di dalam Rapat Anggota tercermin asas kekeluargaan, sebuah semangat yang harus hidup dalam koperasi. Sebagai institusi peng-ambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya.

Rapat Anggota ini mempunyai kedudukan strategis dalam pengembangan koperasi, karena merupakan forum untuk membahas dan menetapkan Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan & Belanja (RKAPB) serta Rencana Kerja Pengawasan Koperasi KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020

Kualitas rapat anggota ini sangat ditentukan oleh kepedulian dan pemahaman anggota, karena kedudukan anggota sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Karena itu, saya ber-harap seluruh anggota Koperasi KPRI Bhakti Praja dapat  berpartisipasi aktif selama berlangsungnya Rapat ini, dengan memberikan masukan yang riil dan konstruktif guna peningkatan kinerja Koperasi KPRI Bhakti Praja.

       Hadirin yang saya hormati;

Keberadaan koperasi bertujuan untuk me-wujudkan kesejahteraan anggota. Kesejahteraan bisa diwujudkan jika kebutuhan ekonomi anggota bisa disediakan koperasi secara cepat, mudah, terjangkau dan bermutu. Inilah tantangan men-dasar bagaimana koperasi mampu memenuhi kebutuhan anggota di tengah persaingan bisnis yang semakin tajam. Koperasi sebagai badan usaha yang dimiliki oleh anggota dan dikelola secara demokratis membutuhkan profesionalisme dan modernisasi manajemen. Untuk itulah, perubahan dan modernisasi organisasi, mana-jemen dan proses konsolidasi bisnis yang modern di koperasi harus dilakukan secara terencana, sistematis, berkesinambungan dan simultan.

Namun demikian, modernisasi tidak boleh meninggalkan jati diri koperasi yang berazaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan, serta menjalankan nilai-nilai dan prinsip koperasi secara konsisten. Modernisasi koperasi merupa-kan tuntutan zaman pada era disruption economic, digital economic, dan economic sharing. Bahkan dunia bisnis telah masuk pada industry revolution 4.0. karena itu koperasi harus menjadi badan usaha yang mandiri dan mampu bersaing dengan pelaku usaha lain.

Untuk itu, konsolidasi internal bisnis koperasi dan antar usaha anggota berbasis teknologi informasi sangat penting. Seiring dengan hal tersebut, juga menyusun perencanaan strategis bisnis koperasi yang visioner, realistis, terukur dan konsisten, memperkuat kepercayaan anggota serta mitra bisnis koperasi.

Perubahan cara pandang merupakan kunci melakukan modernisasi koperasi. Fokus mem-bangun usaha serta modernisasi manajemen koperasi dengan sumber daya manusia yang pro-fesional sangat diperlukan. Kemampuan koperasi untuk menggali potensi ekonomi dan menangkap peluang bisnis menjadi penentu keberhasilan koperasi membangun citra serta kinerja bisnis yang produktif dan berdaya saing. Pada zaman now, daya saing bisnis ditentukan oleh kreativitas dan inovasi dari pelaku bisnis.

Dalam upaya pengembangan koperasi di Era Revolusi Industri 4.0., maka kita semua harus bersama-sama berjuang mendorong koperasi KPRI Bhakti Praja ini menjadi badan usaha yang profesional dan mampu bersaing dengan badan usaha apapun di era revolusi industri 4.0 ini.

Saya menyadari, bahwa pengembangan Koperasi tidak mudah, penuh tantangan dan kendala. Untuk itu, diperlukan perhatian dan komitmen yang tinggi. Dengan spirit gotong royong, mari kita kembangkan koperasi KPRI Bhakti Praja yang kita cintai, untuk menye-jahterakan anggota dan masyarakat.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Selanjutnya dengan mengucap “Bismillaahir-rahmaanirrohiim”, Rapat Anggota Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan & Belanja (RKAPB) Koperasi KPRI Bhakti Praja, secara resmi saya BUKA dan DIMULAI.

SELAMAT BERMUSYAWARAH.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan meridloi usaha luhur kita.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

         Wabillahitaufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

 

Pj. SEKRETARIS DAERAH PROVINSI

JAWA TENGAH

 

HERRU SETIADHIE, SH, M. Si