ATUR PANGANDIKAN

GUBERNUR JAWI TENGAH

ING ADICARA

UJI KOMPETENSI TUKANG KONTRUKSI UMUM SE JAWI TENGAH

BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI JAWI TENGAH

BREBES, 05 DESEMBER 2019

Bismillahirrahmaanirrahiim.

 

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Ingkang kulo kurmati, Bupati lan Unsur Forkopimda Kabupaten Brebes utawi ingkang mawakili;

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawi Tengah;

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Brebes;

Sedoyo panyarto Uji Sertifikasi, lan tamu undangan ingkang minulyo;

Puji syukur konjuk dumateng Allah SWT, Alhamdulillah ing dinten punika kito sedoyo taksih dipun paringi nikmat sehat lan kasempatan sahinggo saget mekempal lan manunggal ing Pondok Pesantren Al Hasaniyyah Kedawon, Laragan, Brebes minongko adicara Uji Kompetensi Tukang Kontruksi Umum Se Jawi Tengah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawi Tengah.

Bapak-Ibu, nuwun sewu, kula matur ngginakaken Basa Jawi, Nanging, supados punapa ingkang kula aturaken saged dipun mangertosi kanthi sae, salajengipun kula badhe matur ngginakaken Basa Indonesia.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Terima kasih kepada Pondok Pesanttren Al Hasaniyyah Kedawon dan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah yang berkenan mengadakan kegiatan ini.  

Selain sebagai upaya kita untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja penyedia jasa bidang konstruksi di Provinsi Jawa Tengah, Program ini bagian dari ajaran agama karena merupakan upaya pengentasan kemiskinan. Berbagai program digalakkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merupakan upaya untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya meningkatkan sumberdaya manusia melalui menyelenggarakan uji kompetensi tukang konstruksi umum se Jawa Tengah kepada masyarakat.

Kita semua tentu ingin infrastruktur yang dibangun untuk kepentingan masyarakat di-bangun oleh orang-orang yang profesional, kompeten dan berkualitas dibidangnya sehingga hasilnya pun juga berkualitas. Ini penting, mengingat pembangunan infrastruktur me-rupakan jantung pertumbuhan ekonomi nasional. Infrastruktur menjadi salah satu aspek penting dan vital untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Lebih dari itu, infrastruktur juga merupakan salah satu faktor penentu dalam pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Maka, para pekerja jasa konstruksi yang membangun infrastruktur tersebut haruslah diisi oleh SDM yang memang berkulitas. Salah satu caranya adalah dengan mencetak tenaga kerja yang terampil serta profesional melalui uji kompetensi seperti yang kita selenggarakan pada hari ini.

Sebenarnya, potensi SDM kita di bidang konstruksi ini secara kuantitas sangat besar tetapi yang memiliki sertifikat keterampilan maupun keahlian jumlahnya sangat kecil. Hal ini tentunya menjadi PR kita bersama. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, Saya mengajak seluruh elemen yang ada di bidang konstruksi untuk bisa saling bersinergi dan bekerja keras utamanya dalam membentuk tenaga kerja yang terampil, berkualitas, dan profesional melalui jalur sertifikasi.

Para tenaga kerja konstruksi Indonesia harus memiliki kepercayaan diri dapat menghasilkan kualitas konstruksi yang tidak kalah dengan yang dikerjakan oleh tenaga kerja konstruksi negara maju, seperti Jepang dan Jerman. Setelah bersertifikat, para peserta sertifikasi ini juga akan mendapatkan manfaatnya, antara lain pengakuan dan perlindungan hukum atas profesinya, besaran gaji atau upah yang semakin besar dari mereka yang belum bersertifikat serta mendapatkan jaminan asuransi kesehatan. Jadi memang tenaga konstruksi yang memiliki sertifikat itu daya tawarnya lebih tinggi dari pada yang tidak bersertifikat.

Harapan saya, potensi tenaga kerja penyedia jasa konstruksi yang secara kuantitas sangat banyak, seluruhnya bisa tersertifikasi sehingga suplai tenaga kerja yang berkualitas untuk pembangunan infrastruktur di Jateng dan Indonesia bisa terpenuhi. Tenaga kerja berkualitas hasilnya juga akan berkualitas.

Hadirin yang berbahagia; 

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Selanjutnya dengan memohon ridho Allah SWT, seraya mengucap Bismillahirrahmaanirrahiim, Uji Kompetensi Tukang Kontruksi Umum Se Jawa Tengah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah, secara resmi saya buka dan mulai. Semoga kegiatan yang kita selenggarakan ini bisa berjalan dengan lancar dan seluruh peserta bisa lulus sertifikasi. Kepada para peserta, ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, semoga saudara semua bisa mendapatkan sertifikat sesuai dengan keahlian kalian.

Sekian dan terima kasih.

 

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

                                                                                          GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                      H. GANJAR PRANOWO, SH, M.IP