SAMBUTAN

WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA  ACARA

PELEPASAN KIRAB PELAJAR HEBAT CINTA NKRI SE-JAWA TENGAH DALAM RANGKAIAN KONFERWIL IPNU KE XVI DAN IPPNU KE XV PROVINSI JAWA TENGAH

SEMARANG, 08 DESEMBER 2019

 

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat Pagi.

 

Yang terhormat Walikota dan Unsur Forkopimda Kota Semarang atau yang mewakili;

 

Ketua PWNU Provinsi Jawa Tengah beserta ajajara pengurus;

Pengurus Badan Otonom NU Provinsi Jawa Tengah;

 

Adik – adik IPNU dan IPPNU Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten / Kota Se-Jawa Tengah;

Para Kiai, Ustad, Alim Ulama, Sesepuh, Pinisepuh, Panitia, Undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia;

 

Puji syukur Alhamdulillah kita dapat bersilaturahmi untuk memupuk dan menularkan virus positif berkebangsaan. Inilah salah satu upaya menangkal radikalisme dan hoaks yang mengancam keutuhan NKRI.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saya menyambut baik dan memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Inilah bukti bahwa Jawa Tengah adalah daerah yang terus menjunjung tinggi dan memupuk rasa kebangsaan, persatuan dan mempererat kebhineka tunggal ika-an.

Terjalinnya antara persatuan bangsa dengan maulidurrasul aman dan makmur sudah menjadi satu kesatuan. Banyak sekali kepribadian, akhlaq, moral, perilaku, tutur kata dan lain sebagainya dari Nabi Muhammad SAW yang harus di contoh oleh kita semua.

Sebagai bangsa yang sangat heterogen dengan 250 bahasa daerah dan 17.000 pulau, maka menjadi penting untuk memantap-kan wawasan kebangsaan di tengah semakin maraknya permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini, seperti intoleransi, radikalisme, teroris-me dan arus globalisasi yang membawa nilai-nilai budaya barat yang apatis, hedonis dan materialistik. Masyarakat kita juga dengan mudahnya memberikan ujaran kebencian, terutama melalui medsos. Dengan gampangnya kata-kata kotor dan bully dilontarkan. Belum lagi pabrik-pabrik kebencian, seperti Saracen muncul di tengah-tengah kehidupan kita yang berpotensi memecah belah bangsa.

Semangat dan wawasan kebangsaan harus terus kita tumbuhkembangkan, karena rasa kebangsaan sebagai manifestasi dari rasa cinta pada tanah air, pada gilirannya akan mem-bangkitkan kesadaran kita akan arti mahal dan bernilainya rasa kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Rasa dan sikap kebangsaan harus ditanam-kan kepada setiap Warga Negara Indonesia sejak dini. Oleh karena itu, perlu disosialisasikan kepada segenap lapisan masyarakat secara terus menerus, bukan hanya sekedar menjadi sebuah gerakan sesaat, tetapi harus berkesinambungan. Wawasan kebangsaan jangan sekedar retorika yang tak pernah diaktualisasikan dalam kehidup-an nyata. Wawasan kebangsaan harus benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, mari kita terus-menerus mengingatkan kembali betapa pentingnya penyadaran, penanaman dan implemetasi sikap dan perilaku kebangsaan kita, tidak sebatas di bibir semata, tapi harus menjadi perilaku keseharian kita.

Harap diperhatikan, selama berlangsungnya rangkaian kirab nanti harap dapat menjaga kebersihan dan ketertiban, jangan buang sampah sembarangan, nggih. Budayakan menjaga kebersihan, kalau ada yang buang sampah sembarangan tolong diingatkan.

 

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Selanjutnya dengan mengucap bismillahirrohmaanirrohim, Kirab Pelajar Hebat Cinta Nkri Se Jawa Tengah Dalam Rangkaian Konferwil IPNU Ke XVI Dan IPPNU Ke XV Provinsi Jawa Tengah”, saya lepas keberangkatannya. Semoga Allah SWT, selalu meridhoi, melindungi dan memudahkan usaha luhur kita untuk membangun Jawa Tengah. Sekian terima kasih.

 

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

 

 

                                                                                                                                                                                                        WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

                     H. TAJ YASIN