SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA  

MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1441 H

DAN

HAUL PARA AULIYA’

PONPES SUNAN GUNUNG JATI BA’ALAWY

SEMARANG, 08 DESEMBER 2019

 Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

 

Yang saya hormati, Pembina Ponpes KH. Drs. Muhammad Masroni;

Para Kiai, Ustad, Alim Ulama, Panitia, Undangan dan hadirin sekalian;

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Alhamdulillah siang ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersama-sama hadir dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Para Auliya’ Tahun 1441 H di Ponpes Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kec. Gunungpati ,Kota Semarang.

Tak lupa Solawat dan salam selalu kita panjatkan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan kedalam zaman yang mencerahkan ini.

Sebagai umat Islam kita wajib menjunjung nilai-nilai agama kita, yakni nilai-nilai yang ada pada kaidah Al Qur’an dan hadits. Pada hari ini, kita mencoba menggali nilai-nilai agama Islam lebih jauh lagi, khususnya yang berkaitan dengan sejarah lahirnya Nabi Besar kita Muhammad SAW. Kelahiran Nabi Muhammad SAW di dunia ini merupakan petunjuk bagi kita untuk lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Untuk itu, tepatlah jika pada siang hari ini kita mengkaji lebih jauh tentang Nabi Muhammad sebagai Nabi akhir zaman, yang sekaligus menjadi panutan dalam mengaplikasikan setiap petunjuk-petunjukNya dalam menjalani kehidupan ini.

Untuk itu, atas Nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saya memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini, karena selain meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, kegiatan ini juga menjadi wahana untuk berdo’a agar kita selalu diberi bimbingan, sehingga apa yang kita lakukan senantiasa bisa memberikan manfaat dan maslahat kehidupan bagi masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai wujud penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW atas jasa-jasanya dalam perjuangan dan perkembangan Agama Islam. Kiranya keteladanan beliau bisa dijadikan inspirasi dan sumber motivasi, terutama dalam memanifestasikan sikap Islami yang rahmatan lil alamin.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Para Auliya’ menjadi momentum yang tepat bagi kita semuanya untuk merenungkan keteladanan beliau-beliau yang menyebarkan agama Islam di Indonesia khususnya tanah jawa.

Salah satu Hadist Rasulullah yang perlu kita teladani yaitu “orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seseorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. Jika kita semua bisa mengamalkan hadist tersebut maka tentu akan sangat elok kehidupan ini, hidup guyub, rukun dan bergotong royong membantu sesama. Hal seperti inilah yang saya inginkan dari masyarakat Jawa Tengah. Jika masyarakatnya guyub dan rukun tentu pembangunan bisa berjalan dengan lancar.

Undangan dan hadirin yang berbahagia;

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin titip pesan kepada para Kiai, Ustad dan Alim Ulama supaya ampun sayah paring pitutur dumateng umat tentang pentingnya menghargai perbedaan serta untuk terus menjaga kerukunan dan toleransi dalam keberagaman, demi NKRI dan demi Indonesia.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT, selalu melindungi dan meridhoi kita.

 

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

 

 GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

   H. GANJAR PRANOWO, SH., M.IP