ATUR PANGANDHIKAN

WAKIL GUBERNUR JAWI TENGAH

ING ADICARA

PENGAJIAN MENGETI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1441 H

NAHDLATUL ULAMA RANTING DESA GIRIREJO

MAGELANG, 05 DESEMBER 2019

 Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Ingkang kulo kurmati, Ketua Nahdlatul Ulama Ranting Desa Girirejo;

Poro Kiai, Ustad, Alim Ulama, Panitia, Undangan lan hadirin sekalian;

Puji syukur konjuk dumateng Allah SWT, Alhamdulillah ing dinten punika kito sedoyo taksih dipun paringi nikmat lan kasempatan sahinggo saget ngrawuhi adicara, Pengajian Mengeti Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, wonten Kebonrejo, Desa Girirejo, Kaliangkrik, Kab. Magelang.

Mboten kesupen monggo kito sesarengan ngucapaken sholawat lan salam dumateng junjungan kito Rasulullah Muhammad SAW, ingkang kita tenggo syafaatipun ing alam akhirat.

Sengojo pambuko kulo menika ngginaaken Basa Jawi. Punika saprelu kangge nguri-uri kabudayan, khususipun Basa Jawi. Ananging supados ingkang kulo aturaken gampil dipun mangertosi kanthi sae, pramilo saklajengipun kulo badhe matur ngangge Basa Indonesia.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saya memberikan apresiasi atas diselenggarakannya pengajian ini karena selain meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, kegiatan ini juga menjadi wahana untuk berdo’a agar kita yang masih hidup selalu diberi bimbingan, sehingga apa yang kita lakukan senantiasa bisa memberikan kehidupan bagi masyarakat.

Selain itu, Maulid Nabi Muhammad ini adalah wujud penghormatan kepada beliau atas jasa-jasanya dalam perjuangan dan perkembangan Agama Islam. Dan ini menjadi momentum yang tepat bagi kita semuanya untuk merenungkan keteladanan Rosulullah. Dalam hal keteladanan sosial, Rosul juga memberikan contoh, memberikan keteladanan bagaimana membangun hubungan persaudaraan ukhuwah Islamiyah, membangun dan membudayakan tolong-menolong sesama umat.

Maka keteladanan beliau bisa dijadikan inspirasi dan sumber motivasi, terutama dalam memanifestasikan sikap Islami yang rahmatan lil alamin, Islam sejati sebagaimana dituntunkan dalam Al-Quran dan Hadist Rasullulah SAW.

Islam itu hadir untuk kebaikan bagi seluruh penghuni alam semesta. Islam itu sangat menghargai perbedaan, mengandung nilai-nilai toleransi, keberagaman dan cinta kasih pada sesama manusia. Bukankah Islam mengajarkan 2 buah prinsip beragama yang sangat penting, yaitu Hablumminallah dan Hablumminannas. Jadi selain kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah SWT, kita juga harus mampu menjaga hubungan dan berbuat baik kepada sesama manusia.

Maka, saya ingin mengajak umat islam dan khususnya masyarakat Jawa Tengah untuk semuanya berbicara baik, untuk selalu berfikir positif, dan memperkuat ukhuwah wathaniyah kita. Dan gunakan kesempatan yang baik ini sebagai media berkumpul, bersilaturahmi dan bersatunya umat Islam untuk kemajuan pembangunan bangsa. Demi Indonesia yang aman, damai dan sejahtera.

Kita harus terus hindari ujaran kebencian, berita bohong (hoax), hindari saling menjelek-jelekkan di antara umat muslim, hindari hasutan-hasutan yang tidak berguna dan jangan saling memprovokasi antara umat. Semua itu hanya melemahkan kita dan merugikan kita sebagai umat islam di Indonesia. Terorisme dan Radikalisme harus kita hentikan. Oleh karena itu, Kami membutuhkan tenaga seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama pemerintah saling membahu melawan terorisme dan radikalisme serta untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa agar pembangunan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT, selalu melindungi dan meridhoi kita.

 

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

 

 WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 H. TAJ YASIN