PIDATO KUNCI

SEKRETARIS DAERAH

PROVINSI JAWA TENGAH

PADA ACARA

RAKORDA FORSAKADA PROVINSI JAWA TENGAH

CILACAP, 11 DESEMBER 2019

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati Bupati dan Wakil Bupati Cilacap;

Ketua Beserta Jajaran Pengurus Forsakada;

Para Staf Ahli Gubernur, Bupati dan Walikota dari Se-Jawa Tengah;

Undangan dan hadirin yang berbahagia;

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan, sehingga dapat bersilaturahmi dengan para staf ahli Gubernur, Bupati dan Walikota Se-Jawa tengah. Kiranya silaturahmi ini semakin merekatkan hubungan kita semua baik terkait kedinasan maupun di luar kedinasan.

Hadirin yang berbahagia;

Hari ini tantangan pembangunan makin komplek, tuntutan masyarakat makin kritis pada penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik. Tidak hanya itu, kita juga masih dihadapkan pada berbagai persoalan pem-bangunan yang butuh perhatian dan kerja ekstra keras untuk mengatasinya, seperti masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Pada kondisi demikian, ASN harus makin profesional. Semua potensi sumber daya harus dapat didayagunakan secara optimal. Tugas dan kerja pembangunan harus bisa dibagi habis kepada semua ASN. Artinya,   tidak ada satu pun staf atau Pimpinan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang hanya diam menganggur. Semuanya harus bekerja keras, kreatif dan inovatif, mendorong kinerja masing-masing unit kerja yang dipimpinnya agar mampu melaksanakan tugas fungsinya secara optimal dan berprestasi.

Keberadaan Staf Ahli bersifat strategis, karena diperlukan bagi Kepala daerah (Gubernur dan Bupati/Walikota) sebagai sumber dan penyedia informasi tentang permasalahan di daerah. Kualitas, aktualitas, faktualitas informasi dari Staf Ahli dapat dijadikan referensi bagi Kepala Daerah untuk merumuskan kebijakan yang tepat sesuai dengan persoalan dan realitas yang terjadi. Kedudukan staf ahli itu semacam penasehat dalam rangka menjamin kebijakan publik yang dirumuskan dan diputuskan Kepala Daerah dengan berdasarkan prinsip demokrasi, transparansi, partisipasi dan responsif.

Dalam melaksanakan perannya, Staf Ahli harus melakukan telaah dan analisis tentang kondisi eksisting sebagai dasar memberikan reko-mendasi kepada Kepala Daerah. Ini tentu saja mengisyaratkan bahwa staf ahli adalah seorang analis kebijakan. Staf ahli adalah actor dalam policy process and policy analysis. Maka, sebagai seorang analisis kebijakan yang profesional, staf ahli  dituntut untuk cekatan, mampu memberikan sebuah deskripsi ataupun uraian  yang runtut jelas dan lengkap serta menimbang berbagai kemungkinan yang  akan terjadi jika sebuah alternatif kebijakan diambil. Peran penting inilah yang harus diambil oleh staf ahli dalam rangka membangun daerah dan bangsa.

Tidak hanya itu, etos kerja, daya juang, daya saing, semangat mandiri, kreativitas dan inovasi juga harus terus ditumbuhkan. Pun semangat gotong royong dan kerjasama harus terus diperkuat untuk menyelesaikan setiap persoalan pembangunan yang dihadapi. Karena itu, saya berharap betul staf ahli terus memotivasi diri untuk menambah wawasan melalui berbagai literatur. Bisa melalui pertemuan seperti ini, media, kegiatan bimtek, diklat dan lain sebagainya. Staf ahli harus selalu update ter-hadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta persoalan-persoalan kekinian maupun kemajuan yang ditorehkan pada wilayahnya masing-masing, daerah lain maupun persoalan nasional.

Kreasi dan inovasi menjadi hal penting yang harus terus dilakukan oleh staf ahli di tengah tantangan pembangunan yang makin tidak ringan dan PR-PR pembangunan yang harus segera cepat kita selesaikan. Melalui peran staf ahli, kreasi atas pelayanan publik harus terus dilakukan agar yang baik dapat terus baik dan yang belum bisa menjadi baik.

Khusus mengatasi persoalan kemiskinan, menjadi PR yang butuh kerja ekstra keras luar biasa. Tentu selain kemiskinan masih ada PR-PR kita lainnya yang harus disegerakan tindakan dan eksekusi-nya agar mencapai target yang telah ditetapkan. Segala daya harus kita curahkan dan segala upaya harus kita lakukan untuk mengatasi persoalan-persoalan pembangunan.

Kita ingin komitmen Staf Ahli bisa melak-sanakan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, seikhlas-ikhlasnya dan penuh dengan tanggungjawab.

Untuk itu, melalui rakor Forsakada ini saya berharap menjadi ruang-ruang diskusi serta wahana sharing dan bertukar ide dalam rangka mensukseskan program pembangunan yang telah ditetapkan. Para staf ahli yang tergabung dalam Forsakada ini harus terus berperan aktif dalam membangun daerahnya masing-masing. Semoga dari rakor ini akan muncul berbagai rekomendasi dan keputusan yang memberikan keber-manfaatan tidak hanya untuk Forsakada, staf ahli maupun kemajuan pembangunan daerah. Yang penting, mari perkuat sinergitas, tingkatkan kapasitas dan utilitas staf ahli yang makin ahli dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jaga Integritas kita.

Demikian, yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT, meridhoi, memudahkan dan melancarkan usaha luhur kita membangun bangsa dan Negara.

Wabillahitaufik wal hidayah,

       Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  PJ. SEKRETARIS DAERAH  

  PROVINSI JAWA TENGAH

 

 

 

                          HERRU SETIADHIE, SH, M.Si