ATUR PANGANDHIKAN

WAKIL GUBERNUR JAWI TENGAH

ING ADICARA

 SHOLAWATAN MINONGKO SEDEKAH LAUT

   REMBANG, 12 DESEMBER 2019

Bismillahirohmaanirohiim.

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Ingkang kulo kurmati, Bupati lan Unsur Forkopomda Kabupaten Rembang;

Pangarso OPD Pemerintah Kabupaten Rembang, Camat Sarang, Kepala Desa Karangmangu;

Poro Kyai, Alim Ulama, Sesepuh, Pinisepuh, Perkumpulan Nelayan “Mina Karunia Sejahtera” lan poro masyarakat ingkang kinurmatan;

Puji syukur konjuk dumateng Allah SWT, Alhamdulillah ing ndalu punika kito sedoyo taksih dipun paringi nikmat lan kasempatan sahinggo saget ngrawuhi adicara, Sholawatan minongko adicara Sedekah Laut, Perkumpulan Nelayan “Mina Karunia Sejahtera” wonten Pantai Desa Karangmangu, Kec. Sarang, Kab. Rembang.

Mboten kesupen monggo kito sesarengan ngucapkaken sholawat lan salam dumateng junjungan kito Rasulullah Muhammad SAW, ingkang kita tenggo syafaatipun ing alam akhirat.

Sengojo pambuko kulo menika ngginaaken Basa Jawi. Punika saprelu kangge nguri-uri kabudayan, khususipun Basa Jawi. Ananging supados ingkang kulo aturaken gampil dipun mangertosi kanthi sae, pramilo saklajengipun kulo badhe matur ngangge Basa Indonesia.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi dilaksanakannya kegiatan ini. Selain  bermanfaat untuk mempererat silaturahmi, ukhuwah Islamiyah, kegiatan ini juga sekaligus sebagai media intropeksi apakah setiap pikiran, ucapan dan tindakan kita telah meneladani kepribadian Nabi kita Muhammad SAW.

Pada acara malam hari ini kita Sholawatan dan mengadakan santunan anak yatim dalam rangka Sedekah Laut. Esensi dari sedekah laut adalah Laut yang selama ini memberi penghidupan sudah patutnya disedekahi. Dengan kata lain, Sedekah Laut juga merupakan Tasyakuran yang dilaksanakan sebagai rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT atas kemudahan, keberkahan, dan perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena jika wujud syukur tersebut tidak dilaksanakan, akan menjadi kesombongan yang tentunya tidak disukai oleh Allah SWT.

Sebagai orang Jawa kita juga harus Nguri-nguri atau melestarikan tradisi dan budaya Leluhur seperti sedekah laut ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang sudah mempersiapkan acara ini dengan baik.

Selanjutnya, dengan pembacaan sholawat dalam silaturahmi malam hari ini diharapkan menjadi penenang bangsa dan negara, sekaligus menjadi obat hati Masyarakat Karangmangu. Semoga rahmat kedamaian sholawat bisa tercurahkan dalam hidup kita, hidup bermasyarakat dan berbangsa.

Mari kita jadikan kegiatan ini menjadi wahana untuk berdo’a agar kita semua selalu diberi kemudahan oleh Allah SWT, sehingga apa yang kita lakukan senantiasa bisa memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat khususnya di Desa Karangmangu, Kec. Sarang, Kab. Rembang ini.

Dengan Sholawat, Hidup menjadi Nikmat. Karena Sholawat itu Hebat.

NKRI harga Mati, Sholawat sampai Mati.

Hadirin yang berbahagia;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Semoga Allah SWT, meridhoi dan melancarkan usaha kita membangun Indonesia. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahitaufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH

 

 

 

H. TAJ YASIN