SAMBUTAN

GUBERNUR JAWA TENGAH

PADA ACARA

RAPAT KERJA DAERAH (RAKERDA)

DEWAN HARIAN DAERAH (DHD)

BADAN PEMBUDAYAAN KEJUANGAN 45

PROVINSI JAWA TENGAH

SEMARANG, 17 DESEMBER 2019

 

Assalammu ’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

 

Walikota Semarang;

Ketua Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHD 45) Provinsi Jawa Tengah;

 

        Hadirin yang saya banggakan;

        Teriring rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas nikmat sehat dan kesempatan yang diberikan, sehingga kita dapat hadir di Kampus II Universitas Pendididikan Guru Republik Indonesia Semarang (UPGRIS), menyertai “Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Jawa Tengah”. Kali ini mengetengahkan tema “Membangun Sinergi Untuk Menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”.

       Jan mantap tenan. Ketok banget dalam diri panjenengan, bawah NKRI harga mati. Sejatinya, hal-hal seperti itulah yang terus ditanamkan kepada generasi muda sebagai pewaris kita, penerus ke-berlangsungan negeri ini.       Terkait hal tersebut, maka sinilah semua pihak harus saling mengisi dan memberi kekuatan kepada negeri, sesuai potensi masing-masing.  

       Jadi misalnya, ada pengurus yang memiliki pengalaman dan kemampuan di bidang wirausaha, maka sumangga bisa dijadikan salah satu program kerja dalam upaya mendukung kemandiran Sumber Daya Manusia (SDM), serta peningkatan perekono-mian pada umumnya. Demikian pula, yang ahli di bidang budaya, lingkungan, pendidikan, sumangga share kepada  generasi muda. Satu pesan saya, silahkan semua itu dikemas secara kekinian, sehingga menantang untuk diikuti kawula muda.

       Saya sampaikan demikian karena anak-anak muda sebagai pewaris kita itu, kadang belum paham akan hakekat bela Negara. Mereka hanya memaknainya sebagai perang dalam melindungi negeri ini. Padahal bela Negara itu memiliki spektrum yang luas, dari hubungan baik dengan tetangga, meraih prestasi hingga mengharumkan nama wilayah, itu adalah bagian bela Negara.

       Hal-hal seperti itulah yang harus ditekankan kepada generasi penerus kita. Harapannya, mereka semangat untuk memberikan yang terbaik untuk negeri ini sesuai potensi. Jadi kalau mereka you-tuber, setidaknya terus mewartakan semua potensi yang ada, baik promosi pariwisata dengan lagu-lagu daerahnya, dll. Menurut saya, itulah salah satu inovasi yang diharapkan mampu memberikan manfaat, solusi untuk menjawab tantangan yang ada. Dan mengingat saat ini eranya digital, maka menanamkan nilai-nilai kebangsaan juga perlu dengan digitalisasi.

       Mendukung hal tersebut, maka DHD 45 bisa bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti OPD bidang pendidikan, Gerakan Pramuka, Diskominfo, dll. Pihak tersebut dengan segala kurikulumnya memiliki cara yang unik dan menarik untuk menanamkan sema-ngat bela Negara. Maka di sinilah sumangga Ra-kerda ini didayagunakan untuk menjalin kerjasama yang dituangkan dalam Memorandum of Under-standing (MoU). Itu salah satu contoh sinergitas yang bisa dilakukan.

       

        Bapak dan Ibu yang saya banggakan;

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Selanjutnya dengan mengucap bis-

millahirrahmanirrahim “Rakerda DHD 45 Pro-vinsi Jawa Tengah”, saya nyatakan DIBUKA dan DIMULAI.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi setiap usaha luhur kita semua.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu ‘alaikum WrWb.

 

GUBERNUR  JAWA TENGAH

 

 

H. GANJAR PRANOWO, SH., MIP